KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pilbup Mamasa

  • Bagikan
KPU Gelar Pleno Rekapitulasi Hasil Perhitungan Suara Pilbup Mamasa

ekspossulbar.com, MAMASA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamasa menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pilkada Mamasa.

Rekapitulasi ini rangkaian tak terpisahkan dari pencoblosan dan perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) pada Rabu 27 juli lalu. Ketua KPU Mamasa Suriani T Dellumaja menyampaikan rapat pleno ini diselenggarakan untuk mengumumkan secara resmi hasil perolehan suara pasangan calon bupati dan wakil bupati H. Ramlan Badawi-Marthinus Tiranda dan Kolom Kosong (koko).

“Agenda utama hari ini adalah rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat kabupaten. Kan ini rangkaian dari pemungutan suara 27 Juni. Setelah dilakukan penghitungan di TPS, lalu dilakukan rekap di tingkat kecamatan 28-30. Sekarang di tingkat kabupaten,” kata Ketua KPU Suriani T Dellumaja, Selasa 4 juli.

Suriani mengatakan penetapan perolehan suara satu paslon ini bukan merupakan pengukuhan pemenang gelaran Pilbub Mamasa. Sebab, pengumuman paslon terpilih baru dapat dilakukan setelah ada kepastian tidak adanya paslon yang mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kita hanya penetapan perolehan suara. Nanti penetapan paslon terpilih dilaksanakan setelah proses gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) itu berakhir. Ada atau tidak. KPU beri waktu masa perselisihan 3 hari ke MK. kalau masa itu sudah berakhir baru kita tetapkan yang terpilih,” paparnya.

Sebelumnya, KPU telah mengumumkan hasil real count lewat website resminya. Setelah 100 persen data masuk dari 488 TPS di Mamasa, Hasilnya, Ramlan Badawi-Marthinus Tiranda unggul mengantongi 61,24 persen atau sebanyak 48,618 suara sementara kotak kosong, mendapatkan 38,76 persen atau 30,772 suara.

Setelah rekapitulasi dan penetapan penghitungan suara tingkat kabupaten hasilnya H Ramlan Badawi Marthinus Tiranda tetap unggul mengantongi suara sebanyak 48,552 suara sementara kotak kosong, mendapatkan 30,758 suara.

“Selisih perolehan suara antara pasangan calon Ramlan Badawi-Marthinus Marthinus Tiranda dengan Kolom Kosong sebanyak 17.794 suara,” ujarnya.

Selain itu Suriyani juga menyampaikan ucapan trimkasi kepada seluruh penyelenggara, KPU, Panwasli,, TNI Polri dan seluruhakat Mamasa yang telah mensukseskan pilkada Mamasa. (Mil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *