Pemda Mamasa Lepas 109 Jamaah Calon Haji

  • Bagikan
Pemda Mamasa Lepas 109 Jamaah Calon Haji

ekspossulbar.com, MAMASA – Ratusan jamaah Calon Haji (JCH) Asal Kabupaten Mamasa dilepas Pemda Mamasa di Masjid Nurul Yaqin Mamasa, Minggu (5/8).

Kabag Kesra Mamasa juga selaku Tim Pemandu Haji (TPH) Muhammad Nawir menyampaikan bahwa, Jamaah Calon Haji yang akan diberangkatkan ke Asrama Haji Sudiang sebanyak 109 orang. Dari 109 JCH, terdiri dari dua Kelompok Kloter yakni kloter 26 dan kloter 28.

“Malam ini (minggu) Calon Haji kita akan berangkat ke Ambarkasi Asrama Haji Sudiang Makassar dengan menggunakan bus ,” kata Nawir dalam sambutannya.

Lanjut Nawir, JCH kloter 26 akan diterima di Asrama Haji Sudiang pada Senin 6 Agustus  2018 dan diberangkatkan ke Mekkah pada Selasa 7 Agustus 2018. Sementara kloter 28, diterima di Embarkasi Asrama Haji Sudiang Makassar pada 8 Agustus dan diberangkatkan ke Jeddah pada 9 Agustus 2018.

“Kloter 26 sebanyak 70 orang dan kloter 28 39 orang yang didalamnya laki-laki sebanyak 32 dan perempuan 77. Adapun termudah berumur 22 dan tertua 88 tahun,” ungkap Nawir usai pelepasan

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mamasa, Ahmad Barambangi, menyampaikan dalam menunaikan ibadah haji dibutuhkan kebersamaan, agar apa yang dilakukan dapat dengan mudah terlaksana.

“Mulai pemberangkatan malam ini, para JCH harus menjalim kekompakan, kebersamaan, saling membahu,” ujarnya.

Lanjut Ahmad Barambangi, setiap pemberangkatan calon Haji, selalu memiliki persoalan, sehingga dengan persoalan tersebut kita dapat mengambil hikmah untuk dapat mencari solusinya.

Oleh karena itu, dalam pemberangkatan Jamaah Haji pada tahun ini, suatu kesyukuran karena didukung oleh Pemerintah Daerah serta instansi terkait, sehingga apapun persoalan yang dihadapi dapat dengan mudah diselesaikan.

Asisten Tiga Aspar Nuryadin dalam sambutannya mengatakan, biaya pemberangkatan Jamaah Haji pada tahun ini ditanggung oleh Pemerintah Daerah.

“Alhamdulillah Tahun 2018 ini. Besok Jamaah Haji yang berangkat mulai dari Mamasa dengan menggunakan Bus sampai Embarkasi Sudiang Makassar telah ditanggung oleh Pemerintah Daerah,” tutupnya.

Pelepesan JCH secara simbolis ditandai dengan pemasangan selendang sebagai wujud simbol Jamaah Calon Haji asal Mamasa kepada perwakilan JCH yang dipasangkan langsung oleh Asisten III Sekretariat Daerah.

Suasana haru terlihat saat seluruh JCH bersalam-salaman langsung dengan pejabat sekretariat daerah beserta tamu undangan dan para keluarga. (Mil)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *