Berikut Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

EKSPOS SULBAR – Kanker dipercaya terjadi saat materi genetik di dalam sel mengalami perubahan atau mutasi, sehingga menjadi ganas dan merusak sel-sel lain di sekitarnya.

Salah satu faktor yang diketahui memengaruhi terjadinya mutasi sel ini adalah pola makan yang tidak sehat.

Penyebab kanker memang belum diketahui secara pasti. Namun, menurut penelitian, konsumsi beberapa makanan dan minuman tertentu diketahui bisa meningkatkan risiko berkembangnya kanker di dalam tubuh, terutama jika dikonsumsi terlalu sering.

Makanan dan Minuman Pemicu Kanker

Berikut ini adalah beberapa daftar makanan dan minuman yang memiliki sifat karsinogenik atau dapat menyebabkan kanker:

  1. Daging merah

Daging merah, seperti daging sapi, babi, dan kambing, merupakan sumber protein dan mineral yang baik. Namun, sayangnya, daging merah juga mengandung lemak jenuh dan kolesterol yang tinggi.

Mengonsumsi terlalu banyak daging merah dan olahannya, misalnya ham, sosis, bacon, dan daging asap, dapat meningkatkan risiko terkena beragam jenis kanker, seperti kanker usus, kanker pankreas, dan kanker prostat.

Risiko ini akan semakin meningkat jika daging merah diolah dengan cara dipanggang, dibakar, dan digoreng. Soalnya, berbagai metode pengolahan tersebut bisa memicu terbentuknya zat atau senyawa karsinogenik.