Pemprov Sulbar Nobatkan Karampuang Sebagai ‘Smiling Island’

  • Bagikan
Pemprov Sulbar Nobatkan Karampuang Sebagai ‘Smiling Island’

ekspossulbar.com, MAMUJU – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Barat yang ke 14. Pemprov Sulbar melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menyelenggarakan berbagai acara, salah satunya festival Karampuang.

Tahun ini, Festival Karampuang dilaksanakan lebih meriah dibanding festival yang diselenggarakan tahun lalu, dikarenakan pulau Karampuang sangat berpotensi menjadi objek wisata yang bakal ramai dikunjungi. Makanya festival Karampuang di tahun ini lebih dimeriahkan. Selain itu, pulau karampuang dinobatkan dengan istilah Karampuang Smiling Island, yang mempunyai makna pulau yang tersenyum.

Festival ini rangkaian berbagai acara yang diselenggarakan dengan dimeriahkan berbagai tarian daerah, performance ART, pasar wisata, pertunjukan kesenian, karnaval yang melibatkan semua daerah yang ada di Sulbar.

Kepala Dinas Pariwisata, Farid Wajidi sebagai panitia pelaksana kegiatan menyelenggarakan Jelajah Sepeda Wisata yang dipusatkan di pulau Karampuang, Minggu (23/9) sebagai puncak HUT Sulbar.

Karampuang dipilih sebagai tempat yang paling cocok, karena Karampuang adalah sebuah daerah yang berpotensi sebagai kunjungan objek wisata yang besar. Dan Sekaligus sebagai promosi kepada masyarakat luas akan keindahahan yang dimiliki serta mempromosiakan istilah karampuang kepada pengunjung dengan istilah Smiling Island.

“Dimana pada saat mereka membayangkan pulau tersebut, itu berarti mereka harus tersenyum, dan hal tersebut juga tentu patut didukung oleh masyarakat yang tinggal di Pulau Karanpuang. Dengan cara menjaga kenyaman, keamanan pengunjung hingga kebersihan lingkungan,” ujar Farid.

Istilah Karampuang Smiling Island, Pemkab Mamuju yang dihadiri Wakil Bupati Mamuju H. Irwan SP Pababari turut menyampaikan rasa bangga dan bahagia, karena pada kegiatan tersebut.

Selain untuk memeriahkan HUT Sulbar, pulau Karampuang yang berada di daerah Kabupaten Mamuju yang dinobatkan dengan istilah Smiling Island (pulau yang tersenyum) bisa membuat Karampuang semakin dikenal oleh banyak orang dengan keindahannya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Dengan adanya satu item kegiatan ini, sehingga nama pulau ini diberi istilah Karampuang Smiling Island, yang artinya pulau yang tersenyum. Dimana filosopi kalau kita tersenyum, maka aura kebahagiaan itu ada pada kita dan sekitarnya dan itu akan menular kapada yang lainnya,” ujar Irwan.

Kegiatan Jelajah Sepeda Wisata tersebut adalah sebagai puncak acara HUT Sulbar yang dipusatkan di Pulau Karampuang. Setalah beberapa rangkaian kegiatan dilaksanakan mulai 21-23 September 2018 di Pantai Anjungan Manakarra Mamuju.

Kegiatan tersebut terlaksana dengan sukses dan dihadiri oleh para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemprov Sulbar dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FORKOPIMDA), dan berbagai komunitas Diving serta Masyarakat. (kip/sita/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *