Wabup Pasangkayu Harap STQ Lahirkan Qari Yang Mendunia

ekspossulbar.com,PASANGKAYU— Pemkab Pasangkayu kembali bakal menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ). Bertempat di Desa Polewali Kecamatan Bambalamotu, berlangsung dari 21 Februari hingga 25 Februari.

Wakil Bupati (Wabup Pasangkayu) Muhammad Saal saat rapat persiapan pelaksanaan STQ berharap perhelatan STQ tahun ini lebih berbeda dari tahun sebelumnya. Ia menginginkan pelaksanaannya lebih meriah, maju dan berkualitas.

Dijelaskan, maju dan berkualitas dalam artian pelaksanaan STQ betul-betul bisa melahirkan para penggiat seni baca quran (qari) yang handal. Disatu sisi juga ada upaya tindak lanjut untuk mendorong mereka lebih berprestasi ditingkat regional, nasional, bahkan hingga internasional.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“ Suksesnya suatu kegiatan dilihat dari produknya. Misalnya yang juara bukan hanya ditingkat kabupaten, tapi bisa didorong untuk juara ditingkat provinsi, nasional, dan internasional. Apa lagi kita tahu untuk seni baca al quran punya even ditingkat internasional. Kita ingin ada anak Pasangkayu yang mendunia” harapnya.

Untuk itu sambung dia, peserta STQ atupun MTQ mesti diisi oleh para qari dan qari’ah lokal. Bukan qari atupun qari’ah bayaran.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“ Kalau kita sewa orang dari luar terkesan hanya akan mengejar kemenangan, sedangkan manfaatnya untuk pengembangan potensi lokal sangat minim. Kita harus maksimalkan potensi anak lokal. Kita lakukan pembinaan berkelanjutan hingga mereka dapat mengharumkan nama daerah di tingkat internasional” ujarnya.(has)