Tekan Inflasi di Pasangkayu, Butuh Peran Semua Pihak

ekspossulbar.com, PASANGKAYU— Menekan laju inflasi penting dilakukan, agar harga komuditas tetap terjaga dan stabil. Olehnya, butuh peran semua pihak agar pertumbuhan inflasi di Pasangkayu tidak meningkat tajam terutama saat hari raya.


Itu disampaikan oleh Asisten II Pemkab Pasangkayu Musbar Lasibe saat membuka acara ekspose data perhitungan inflasi daerah yang digelar oleh Bappeda Litbang Pasangkayu, Kamis 11 Juli.


Kata dia, untuk menekan laju inflasi Pemkab Pasangkayu telah membentuk Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID). Namun tidak cukup hanya itu, dibutuhkan peran lebih jauh dari OPD, Camat, Lurah/Kades, penyuluh serta para tokoh masyarakat.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia


“ Bagaimana mereka memberi penyadaran dan bimbingan kepada masyarakat. Bagaimana memanfaatkan lahan kebun ataupun pekarangan untuk menanam komuditas yang di konsumsi sehari-hari. Ini adalah salah satu upaya yang efektif untuk menekan inflasi” sebutnya.


Dijelaskan, salah satu penyumbang inflasi adalah adanya kenaikan harga terhadap beberapa komuditas tertentu. Olehnya diharapkan dengan termanfaatkannya lahan perkebunan dan pekarangan secara maksimal, stok komuditas pangan tetap bisa terjaga.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia


“ Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Bappeda Litbang bekerjasama dengan BPS Pasangkayu ini. Sehingga kita bisa mengetahui sisi-sisi mana saja yang menjadi kekurangan, yang kemudian menjadi bahan acuan dalam mengambil kebijakan” pungkasnya.(has)