Sukseskan Program Desa Taat Pajak, Bapenda Perkuat Peran BUMDes

Pasangkayu,EKSPOSSULBAR.CO.ID– Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pasangkayu, tengah menggodok program desa taat pajak. Program itu bertujuan meningkatkan pajak sekaligus menekan angka stunting dan kemiskinan.

Bapenda memilih Desa Pangiang, Kecamatan Bambalamotu sebagai desa percontohan. Ada beberapa pertimbangan kenapa dipilihanya desa itu. Salah satunya dukungan penuh dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Kepala Bapenda Pasangkayu, Arhamuddin, menyampaikan peran BUMDes sangat penting mendorong kesuksesan program yang menerapkan sistem kolaborasi dengan konsep kemandirian itu. Sebab, muara peningkatan pajak nantinya ada di BUMDes.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

” Wujud programnya mendorong masyarakat melakukan pemanfaatan pekarangan, dengan menanam sayuran dan buah-buahan. Hasilnya selain untuk memenuhi gizi keluarga juga bisa dijual melalui BUMDes. Nah nanti pajak mereka dipotong di BUMDes. Disinilah peran penting BUMDes selaku mitra kami” papar Arhamuddin, Rabu 24 Agustus.

Untuk itu, Bapenda Pasangkayu turut aktif melakukan pembinaan serta membangun jejaring bagi BUMDes Pangiang. Seprti memfasilitasi pertemuan dengan BUMDes di kabupaten lain yang dinilai telah berhasil melakukan kerja-kerjanya sebagai sebuah badan usaha.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

” Jadi kami terus membantu BUMDes Desa Pangiang, agar mereka semakin mengetahui seperti apa peran mereka nanti dalam program desa taat pajak ini. Fungsi mereka sangat strategis, dan merupakan salah satu kunci keberhasilan program kami” terang Arhamuddin.(*)