‘KPU Goes to School’, Ini Tujuanya

Pasangkayu,EKSPOSSULBAR.CO.ID– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pasangkayu mencetuskan program ‘KPU Goes to School’. Komisioner KPU Pasangkayu, Heriansyah, menyampaikan program itu bertujuan meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu nanti.

” Generasi muda yang saat ini masih duduk dibangku SMA adalah calon pemilih pemula yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya. Usia mereka nanti akan mencapai 17 tahun atau lebih. Oleh karena itu, diharapkan mereka akan berpartisipasi dalam pemilu dan pemilihan” ujar Heri, Rabu 26 Oktober

Kata dia, Bentuk partisipasi yang diharapkan, diantaranya terlibat dalam penyelenggaraan pemilihan, mengawasi setiap tahapan pemilihan, turut mensosialisasikan pemilihan, dan memantau hasil pemilihan, kemudian dapat proaktif mengecek data diri mereka sebagai calon pemilih di KPU.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

“Itu juga merupakan bagian dari partispasi yang bisa dilakukan warga negara, termasuk generasi muda. Sosialisasi pendidikan pemilih pemula ini penting. Para siswa perlu belajar berdemokrasi. Ini juga bagian dari pelajaran pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan” sambung Heri.

Untuk tahap pertama, ada enam sekolah yang disasar, yakni SMAN 1 Sarjo, SMAN 1 Bambaira, SMAN 1 Bambalamotu, SMAN 1 Pasangkayu, MAN 1 Pasangkayu dan SMAN 1 Tikke Raya. Heriansyah sebagai narasumber memaparkan perlunya generasi muda memahami dan menggunakan hak pilihnya dalam pemilu dan pemilihan serentak yang akan berlangsung serentak pada 2024.

BACA JUGA:  Arsal Aras: Jalin Komunikasi dengan Pemda dan Koni

” Adapun sasaran pada kegiatan kali ini adalah siswa kelas tiga atau siswa yang berusia 17 tahun yang masuk dalam kategori pemilih pemula. Kegiatan dilaksanakan sejak 24 Oktober hingga 29 Oktober. Sekarang sudah berjalan tiga hari” sebut Heri.(*)