Bangun Kolaborasi, Sulbar Lanjutkan Data Desa Presisi

Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar Akmal Malik saat melakukan pertemuan dengan sejumlah lembaga pemerintahan untuk membahas program Data Desa Presisi (DDP), Jumat 4 NOvember 2022. (Dok. Humas Pemprov Sulbar)

Mamuju, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Sulbar merupakan daerah dengan desa yang terbanyak mengadopsi program Data Desa Presisi (DDP).

Pentingnya DDP di Sulbar sebagai dasar dalam menentukan kebijakan kedepan.

PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik mengatakan, hampir seluruh daerah tidak memiliki data yang kuat, karenanya Ia mendorong Data Desa Presisi (DDP) . Sebab, persoalan yang paling rill dihadapi birokrasi adalah data.

BACA JUGA:  BNPT - FKPT Sulbar Gelar Smart Bangsaku Bersatu Indonesiaku

“Data digunakan dalam mengambil kebijakan skala prioritas,” ujar Akmal Malik

Akmal Malik juga mengatakan, sudah melakukan pencacahan data di 45 desa di desa. Selanjutnya ditarget 530 desa di Sulbar seluruhnya mengadopsi program DDP.

Dia mengaku keterbatasan anggaran menjadi kendala utama sehingga perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Menindaklanjuti hal itu, hari ini PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik menemui sejumlah instansi kementerian lembaga, Jumat 4 November 2022 membahas kesiapan DDP.

BACA JUGA:  Arsal Aras: Jalin Komunikasi dengan Pemda dan Koni

Diantaranya Badan Pusat Statistik (BPS), Ditjen Perimbangan Keuangan (DJPK) & Ditjen Anggaran Kementerian Keuangan, Kemenko Perekonomian, dan Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi

“Ini sebagai upaya kita mewujudkan Data Desa Presisi di Sulbar,” pungkasnya. (*)