Pemprov Sulbar Launching Core Value ASN BerAKHLAK

Pj Gubernur Sulbar saat melakukan pemulukan gong pertanda program Core Value ASN BerAKHLAK secara resmi di Launching, Kamis (9/3/2023). (Dok. HUmas Pemprov Sulbar)

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat (Sulbar) melakukan launching Core Value ASN, Budaya Kerja BerAHLAK, di Ballroom Grand Maleo Hotel Mamuju, Kamis (9/3/2023).

BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi pada pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaftif dan kolaboratif.

Ini sebagai tindaklanjut Core Values ASN BerAKHLAK, atau oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021.

Core Value ini bertujuan untuk menyeragamkan nilai nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi fondasi budaya kerja ASN yang profesional.

PJ Gubernur Sulbar Akmal Malik menyampaikan, untuk mewujudkan ASN berAKHLAK sebagaimana arahan presiden, maka penting agar melihat kondisi rill di lapangan. Sebab menurutnya persoalan yang dihadapi di daerah masing-masing memiliki perbedaan.

BACA JUGA:  Perdagangan Manusia Harus Jadi Fokus Penanganan Pemerintah Baru

Untuk itu diperlukan model pendekatan yang berbeda-beda pula dalam mewujudkan budaya kerja BerAKHLAK di Sulbar.

“Jangan menyelesaikan persoalan didaerah dengan pendekatan yang sama. Ini tidak boleh, kita harus turun melihat kondisi rill disetiap daerah,” ujar Akmal Malik.

Jelasnya, mengubah budaya kerja organisasi membutuhkan waktu, ikhtiar, komitmen.

“Minimal ada percontohan dulu, buat piloting, nanti akan tidak akan sama itu Pasangkayu, Majene, Mamuju, berkolaborasinya pasti berbeda,” tambah Akmal Malik

Dia juga menjelaskan, Sulbar sebagai daerah otonom harus bergerak tidak hanya berorientasi pada satu daerah saja. Sehingga penting membangun kerjasama dengan berbagai daerah.

BACA JUGA:  SMSI dan Kedubes Iran Sepakat Jalin Kerja Sama

Akmal Malik juga membeberkan, persoalan di Sulbar telah ia tuangkan dalam sebuah tulisan dengan judul ‘Patologi Daerah Pemekaran Indonesia Daerah Sulawesi Barat’. Didalamnya memuat reformasi birokrasi mulai dari tata kelola keuangan, kelembagaan, aparatur, kualitas pelayanan, sistem pengawasan dan pengelolaan aset dan lainnya.

Sebagai langkah awal, Akmal Malik mengurus kepala BKD, Bappeda, Biro Ortala, BPSDM dan Staf Ahli Gubernur untuk mengikuti pelatihan orientasi Budaya Kerja. Ini untuk menghadirkan agen membangun budaya kerja organisasi kedepan

BACA JUGA:  Perdagangan Manusia Harus Jadi Fokus Penanganan Pemerintah Baru

“Ini menjadi sebab project kebutuhan kedepan. apalagi Sulbar dengan potensi sumber daya alam,” kata Akmal

Kepala Biro Organisasi dan Tatalaksana (Ortala) Sulbar Hamdani Hamdi menyebutkan, sebanyak 300 peserta mengikuti acara Launching, merupakan internal lingkup Pemprov Sulbar.

Dia menjelaskan, Core Value ASN ini sebagai inti sari dari nikai-nilai dasar ASN sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dalam satu persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.

“Ini menjadi tonggak penguatan budaya kerja dari tingkat pusat hingga daerah” tutup Hamdani. (*)