Persiapan KTT Ke-43 ASEAN Diharap Sudah Siap 100 Persen pada September

Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan pers di hadapan awak media di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, pada Selasa, 8 Agustus 2023. (Foto: BPMI Setpres/Laily Rachev)

EKSPOS SULBAR – Kesiapan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN diharap sudah siap. Hal tersebut diutarakan oleh Presiden Ri Joko widodo, Selasa, 8 Agustus 2023.

KTT tersebut rencananya akan digelar pada bulan September 2023.

“Ini semuanya sudah direncanakan, semuanya sudah disiapkan, dan kita harapkan nanti pada saat KTT ASEAN semuanya sudah 100 persen siap di bulan September,” ujar Presiden Jokowi dalam keterangan persnya di hadapan awak media di Gedung Sekretariat ASEAN, Jakarta, Selasa, 8 Agustus 2023.

BACA JUGA:  BNPT - FKPT Sulbar Gelar Smart Bangsaku Bersatu Indonesiaku

Mengutip dari laman presidenri.go.id, Jokowi mengatakan bahwa hingga saat ini konfirmasi kehadiran mereka masih terus berproses. Hal itu termasuk dengan kehadiran Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

“Semuanya masih proses. Konfirmasinya masih proses semuanya,” imbuhnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga berharap persoalan di Myanmar dapat segera selesai karena menyangkut kemanusiaan dan rakyat Myanmar. Menurutnya, isu di Myanmar sangat kompleks karena konfliknya sudah melibatkan banyak pihak.

BACA JUGA:  Perdagangan Manusia Harus Jadi Fokus Penanganan Pemerintah Baru

“Pada kenyataannya memang tidak gampang, sangat kompleks, konfliknya sudah bukan konflik satu dengan dua, tapi dengan tiga, dengan empat, dengan lima, sehingga memerlukan waktu dan itu bisa terjadi kalau semua stakeholder yang ada di Myanmar itu mau, memiliki kemauan yang sama untuk menyelesaikan masalah itu. Kalau enggak, memang sangat sulit,” tandasnya. (*)