Rapat Teknis Desk Pilkada Serentak dan Pemilu 2024, Sekprov: Semua Stakeholder Ikut Andil Sukseskan Pemilu

EKSPOS SULBAR – Pemprov Sulbar melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulbar melaksanakan rapat teknis pelaksanaan desk Pilkada serentak dan tahapan Pemilu di Hotel Berkah, Selasa 28 November 2023.

Sekprov Sulbar, Muhammad Idris mengatakan Pemilu bisa menjadi pemersatu karena tanpa Indonesia bisa tercerai berai disebabkan pandangan politik berbeda-beda.

“Makanya dengan adanya pemilu perbedaan politik bisa menyatu dalam bingkai negara republik Indonesia,” kata Idris.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

Adapun, desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah mempunyai tugas seperti mengoordinasikan setiap tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di 6 (Enam) Kabupaten dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat yang melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah Serentak pada bulan September 2024.

“Kedua, melakukan pemantauan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak Tahun2023-2024, menginventarisasi dan mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah, hingga memberikan saran dalam penyelesaian Permasalahan permasalahan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah,” tambahnya.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Termasuk, melaporkan informasi mengenai permasalahan dan perkembangan persiapan serta pelaksanaan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah secara berjenjang kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur Sulawesi Barat.

“Tujuannya untuk mempermudah kelancaran komunikasi antara Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Kementerian Dalam Negeri dengan Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi/ Kabupaten dibentuk Sekretariat Desk Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Sulawesi Barat yang bertanggung jawab untuk mengelola dan menyajikan berbagai data terkait penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan Kepala Daerah serentak 6 (enam) Kabupaten dalam Wilayah Provinsi Sulawesi Barat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang