Wabup Mamuju Lepas 261 Jamaah Calon Haji

ekspossulbar.com, MAMUJU – Sebanyak 261 Jamaah Calon Haji (JCH) Mamuju yang akan berangkat menunaikan ibadah Haji 1439 H ke Tanah Suci Tahun 2018, Minggu, (5/8) resmi dilepas Wakil Bupati Mamuju H. Irwan P Pababari di pelataran Rumah Adat Mamuju.

Prosesi pelepasan JCH Mamuju, turut dihadiri Sekda Mamuju, H. Suaib, Dandim 1418 Mamuju, Danlanal Provinsi Sulbar, Kepala Kantor Kemenag Mamuju, Pimpinan Bank Muamalat, TPHI Mamuju, Para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah Kab.Mamuju dan Para jamah calon haji serta seluruh keluarga.

Dalam sambutanya, Irwan mengatakan pelepasan jamaah calon haji adalah satu rangkaian prosesi perjalanan dan ini adalah awal dari tahapan pemberangkatan dimulai dari kampung halaman dan insya Allah kembali ke kampung halaman.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Selain itu, ia juga berpesan kepada seluruh Jamaah Calon Haji jika berada ditanah suci jangan sampai takut berlebihan apalagi saat menjalankan ibadah, saat melakukan tawaf di Masjidil Haram, Mekkah nanti jangan banyak memikirkan hal–hal yang tentu membuat kita takut berlebihan. Contohnya takut temannya lepas dari genggaman sampai–sampai baju ikut tertarik, takut kehilangan sandalnya, Takut ini dan itu akhirnya ibadah kacau. Usahakan saat tawaf lakukan dengan benar jangan memikirkan hal–hal yang lain tetap fokus ilallah,

“Harapan kami semoga bapak dan ibu bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik dan kembali ketanah air dengan predikat haji yang mabur… Amin”. Pungkasnya.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Sementara itu, Sekretaris Panitia Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji, H. Mukhtar menjelaskan bahwa di tahun 2018, JCH lebih mendominasi kaum perempuan sebanyak 173 orang sedangkan laki–laki sebanyak 80 orang dilihat dari tingkat pendidikan mulai dari SD sebanyak 102 orang, SMP 31 orang, SMA 66 orang, S1 42 orang dan S2 5 orang. Begitupun di tingkat pekerjaan PNS 59 orang, Polri 1 orang, wirawasta 80 orang, pensiunan 4 orang, petani 26 dan Ibu Rumah Tangga (IRT) 83 orang. Inilah Jamaah yang akan kita berangkatkan pada haji tahun 2018.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Ia juga menjelaskan bahwa 6 Agustus 2018 di Bandara Tampa Padang Mamuju Jamaah akan menggunakan dua kali penerbangan pada pukul 08.30 wita sebanyak 140 Jamaah dan penerbangan kedua pada pukul 11.35 wita sebanyak 121 Jamaah.

“JCH Mamuju berangkat menuju asrama haji Sudiang, Makassar. Karena penerimaan resmi baru akan di terima pada 7 Agustus 2018 pada pukul 08.00 wita pagi. Setelah itu akan diserahkan ke panitia embarkasi Makassar dan itu akan diambil alih pada Rabu pagi meninggalkan Kota Makassar menuju Arab Saudi,” tuturnya. (hms/lisa/*)