Empat Dokter Hewan Diturunkan Cek Kesehatan Hewan Kurban di Pasangkayu

Pasangkayu,EKSPOSSULBAR.CO.ID– Pelaksanaan perayaan hari raya Idul Adha 1443 H, tidak lama lagi. Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Pasangkayu pun melakukan antisipasi penularan penyakit pada hewan kurban.

Disbunak Pasangkayu bakal melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban. Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan Disbunak Pasangkayu Abdul Gafur mengungkapkan, pihaknya bakal menurunkan empat dokter hewan.

” Pengecekan kesehatan hewan kurban penting dilakukan demi memastikan hewan yang disembelih pada hari raya nanti bebas penyakit” ujar Gafur, Selasa 21 Juni.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Kata dia, pihaknya bakal segera bersurat kepada elemen terkait seperti Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Pasangkayu, para camat serta elemen lainnya, terkait rencana pemeriksaan hewan kurban.

” Kita mengantisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang lagi marak menjangkiti hewan ternak di Indonesia sekarang ini. Kami menyurat ke pihak-pihak terkait agar mudah mengkoordinasikan dengan pusat-pusat penjualan hewan ternak” jelasnya, Selasa 21 Juni.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Sambung dia, pemeriksaan kesehatan hewan kurban, rencananya dilakukan pada 1 Juli nanti.

” Jadi kami empat tim, yang menyasar semua kecamatan yang ada di Pasangkayu. Ada yang bergerak kearah utara dan ada bergerak kearah selatan” pungkasnya.(*/)