Daerah  

Peringatan HAN 2022 Tingkat Provinsi, Djamila: Gerakan ‘One Day For Children’

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Puncak Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 Tingkat Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) akan dilaksanakan pada hari Rabu 27 Juli 2022 di Marasa Corner, Kompleks Kantor Gubernur Sulbar.

Untuk Mensukseskan acara tersebut, Panitia Penyelenggara Peringatan HAN 2022 melakukan rapat pemantapan di Ruang Rapat Kantor Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sulbar, Senin 25 Juli 2022.

Ketua Panitia Penyelenggara Peringatan HAN 2022, yang juga Kepala Dinas P3AP2KB Sulbar Djamila mengatakan, acara puncak Peringatan HAN 2022 diistilahkan sebagai gerakan ‘One Day For Children’ atau (satu hari untuk anak), yang arti sebetulnya bahwa ingin mengajak kepada semua orang tua untuk memberikan momen kebahagiaan bersama yang terbaik bagi anak-anak.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

“Momentum ini kan tidak setiap hari mereka (anak-anak) bisa rasakan, jadi Saya mengajak kepada kita semua, untuk memberikan sedikit perhatiannya dengan memberikan momentum kegembiraan seperti ini di harinya anak-anak kita,”kata Djamila

Djamila menjelaskan, pada acara tersebut mungkin tidak semua anak-anak bisa dihadirkan, tapi anak-anak berkebutuhan khusus (difabel) dan anak-anak kurang mampu akan ikut serta menyemarakkan puncak Peringatan HAN 2022 tingkat provinsi itu.

Masih kata Djamila, pada acara itu juga nantinya akan ada Launching Gerakan ‘Orangtua Asuh’ yang maksudnya adalah memberikan bantuan bagi anak-anak yang kurang mampu. Untuk itu gerakan tersebut juga telah disiapkan rekening khusus bagi donatur yang peduli dan ingin membantu.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

“Jadi dengan adanya gerakan ini, kita juga ingin mengajak kepada saudara-saudara yang sekiranya mempunyai hati nurani atau memiliki kepedulian, untuk bisa membantu anak-anak kita di luar sana yang membutuhkan,”tutur Djamila

Terkait tempat pelaksanaan acara puncak Peringatan HAN, Djamila mengatakan, alasan memilih tempat terbuka untuk penyelenggaraannya adalah sebagai upaya untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, meskipun saat ini kasusnya sudah melandai.

Ia menambahkan, dalam memperingati puncak Peringatan HAN 2022 sudah dilaksanakan beberapa rangkaian kegiatan-kegiatan sebelumnya, salah satunya adalah lomba penyuluhan pencegahan stunting tingkat SMP-SMA.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Melalui kesempatan itu, Djamila tidak lupa menyampaikan terima kasih kepada berbagai pihak atas partisipasinya menyumbangkan tenaga, fikiran dan semangatnya untuk memeriahkan Peringatan HAN 2022.

“Tentunya tanpa kolaborasi yang sangat baik ini, baik itu dari pihak Perbankan, Baznas dan lembaga-lembaga lainnya, Saya rasa rangkaian acara peringatan ini juga tidak akan bisa berjalan, tidak ada apa-apanya. Terima kasih Saya ucapkan untuk para partisipan yang telah membantu dan peduli terhadap anak-anak kita di Sulbar,”tutupnya. (*)