Awasi 5 Penyakit Saat Anak Batuk Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi anak batuk.

Biang keladi dari penyakit paru ini disebabkan oleh infeksi kuman atau bakteri. Namanya Mycobacterium tuberculosis. Meski bisa menular lewat percikan ludah pengidapnya, tetapi penularan TBC membutuhkan kontak yang cukup dekat dan lama dengan pengidapnya. Dengan kata lain, enggak semudah penyebaran flu.

Awas, Mycobacterium tuberculosis ini bisa berkembang biak hingga menyebabkan kerusakan pada alveolus. Tanpa perawatan yang cepat dan tepat, bakteri ini bisa terbawa bersama darah. Selanjutnya, bakteri ini akan menyerang ginjal, sumsum tulang belakang, dan otak, yang pada akhirnya TBC bisa mengakibatkan kematian.

  1. Keluhan Lainnya

Selain empat penyakit di atas, batuk tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Seperti asma, GERD, bronkitis akut, infeksi saluran pernapasan, alergi, hingga virus flu.

Itulah yang perlu diketahui tentang batuk yang tak kunjung sembuh pada anak. Jika anak mengalami batuk dan tak kunjung sembuh juga, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga! (*)