Awasi 5 Penyakit Saat Anak Batuk Tak Kunjung Sembuh

Ilustrasi anak batuk.

EKSPOS SULBAR – Orangtua tentu khawatir jika si kecil mengalami batuk. Apalagi saat anak batuk tak kunjung sembuh meski telah diberi obat bebas resep.

Itu bisa jadi anak mengidap penyakit pneumonia, penyakit paru obstruktif kronis, atau batuk rejan. Kondisi tersebut harus segera ditangani dokter.

Dikutip dari laman Halodoc, sebaiknya ibu jangan sekali-kali menganggap remeh kondisi ini. Alasannya bisa jadi batuk kronis menandai adanya penyakit yang lebih serius pada anak.

Lantas, apa saja sih penyakit yang bisa membuat batuk pada anak tak kunjung sembuh?

  1. Batuk Rejan

Jika batuk tak kunjung sembuh, itu bisa disebabkan oleh penyakit ini. Batuk rejan merupakan infeksi bakteri pada paru-paru dan saluran pernapasan yang amat menular.

Pengidapnya bisa mengalami batuk hingga beberapa bulan lamanya. Karena durasi tersebut, batuk rejan juga biasa disebut dengan “batuk seratus hari”.

Batuk ini bisa mengancam nyawa bila terjadi pada lansia dan anak-anak, apalagi pada bayi yang belum cukup umur untuk mendapatkan vaksin pertusis.

Batuk ini juga bisa dikenali dari rentetan batuk keras yang terjadi terus-menerus. Batuknya ditandai dengan tarikan napas panjang lewat mulut (whoop).