Benarkah Sering Makan Telur Bisa Bikin Kolesterol Tinggi? Cek Faktanya

Ilustrasi makan telur. (Dok. Alodokter)

EKSPOS SULBAR – Banyak orang beranggapan bahwa makan telur pasti bikin kolesterol tinggi. Padahal, faktanya makan telur juga bisa membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, lho! Pelajari lebih lanjut di artikel ini, yuk.

Selain menjadi sumber protein hewani, telur juga mengandung banyak nutrisi penting, seperti selenium, fosfor, kolin, kalsium, zinc, serta beragam vitamin, seperti vitamin A, B2, B5, B6, B12, D, E, dan K. Bukan cuma itu, telur juga mengandung lemak. Nah, lemak inilah yang disebut bisa meningkatkan kadar kolesterol.

Peran Kolesterol bagi Tubuh dan Jumlah yang Dibutuhkan

Sebelum mengaitkan antara makan telur dengan kolesterol tinggi, kamu perlu tahu dulu nih informasi tentang kolesterol. Kolesterol adalah lemak darah yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Tubuh membutuhkan kolesterol untuk memproduksi berbagai hormon, vitamin D, dan beberapa zat untuk mencerna makanan.

Ada 3 jenis lemak darah, yaitu kolesterol baik atau HDL, kolesterol jahat atau LDL, dan trigliserida. Rentang kadar kolesterol yang dinilai masih dalam batas aman sangat tergantung pada usia. Berikut adalah penjelasannya: 

Usia

Jenis lemak darah

Kolesterol LDLKolesterol HDLTrigliserida
≤ 19 tahun< 100 mg/dL>45 mg/dL<150 mg/dL
≥ 20 tahun< 100 mg/dL>40 mg/dL<150 mg/dL

Kaitan Makan Telur dengan Kolesterol Tinggi

Walaupun bisa diproduksi secara alami, kadar kolesterol juga dipengaruhi oleh jenis makanan yang dikonsumsi setiap hari. Nah, salah satu makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi adalah telur. Di dalam satu kuning telur terkandung sekitar 186 mg kolesterol. Kadar ini dinilai cukup tinggi.