Antisipasi Dampak Fenomena El Nino, Pj Gubernur Sulbar: Jangan Boros Pangan

Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh saat memberi arahan kepada Dinas Perkebunan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP) Sulbar saat berkunjung di Desa Batupanga Daala di Kecamatan Luyo, Polewali Mandar, Minggu, 13 Agustus 2023.

EKSPOS SULBAR – Berbagai alternatif disiapkan pemerintah untuk mengatasi kekeringan akibat dampak dari fenomena El Nino yang bisa berdampak pada sektor pertanian di Sulawesi Barat.

El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normalnya yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di wilayah Indonesia.

BACA JUGA:  Arsal Aras: Jalin Komunikasi dengan Pemda dan Koni

Oleh karna itu, Pj Gubernur Sulbar, Prof Zudan Arif Fakrulloh mengecek kesiapan infrastruktur serta pengarahan kepada Dinas Perkebunan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP) Sulbar saat berkunjung di Desa Batupanga Daala di Kecamatan Luyo, Polewali Mandar, Minggu, 13 Agustus 2023

“Kita akan mengoptimalkan yang dikerjakan Dinas Perkebunan dan DPSHP Sulbar. Terutama dengan menyiapkan dulu infrastrukturnya, agar air bisa tersedia di sepanjang tahun,” ujar Zudan.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Selain itu, dalam kunjungan tersebut memberikan arahan terkait perencanaan dan eksekusi di lapangan, khususnya pada Dinas Perkebunan dan Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Pertanian (DTPHP)

“Perencanaan harus dibuat matang, penganggarannya lebih detail lagi dan eksekusi di lapangan harus dimonitor ,harus dikontrol. Cek dilapangan. Selama ini sudah dilakukan tetapi perlu diintensifkan lagi,” kata Sestama BNPP ini.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Menurutnya, dengan mendorong sektor pertanian maka pertumbuhan ekonomi di Sulbar akan lebih meningkat.

“Kalau perkebunan dan pertanian bagus perekonomian kita meningkat lebih cepat lagi. Karena 54 persen masyarakat Sulbar bertumpu di sektor ini, pertanian, meliputi perkebunan perikanan,” pungkasnya.

Zudan juga mengajak kepada masyarakat agar tetap konsisten menjaga pasokan pangan dengan tidak boros pangan.  (*)