News  

Optimalkan Layanan Digital, Dispar Sulbar Bahas Pemanfaatan Aplikasi SIMARASA

EKSPOSSULBAR.CO.ID, Mamuju —Salah satu hal penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pariwisata di Sulawesi Barat (Sulbar) adalah ketersediaan informasi yang akurat dan terkini tentang destinasi wisata, fasilitas, dan layanan pariwisata. Data dan informasi tersebut dapat diakses dengan mudah melalui layanan digital sebelum wisatawan merencanakan perjalanannya ke Sulbar.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Sulbar, Bau Akram Dai, menanggapi rapat yang dilaksanakan oleh Tim Pengelola SPBE Dispar Sulbar, pada Senin, 13 Oktober 2025.

Pertemuan yang digelar di Ruang Rapat Dispar Sulbar tersebut dihadiri pejabat adminstrator, sejumlah pejabat fungsional dan staf lingkup Dispar Sulbar. Pertemuan fokus membahas upaya pengoptimalan aplikasi SIMARASA (Sistem Pemasaran Pariwisata) yang sudah cukup lama tidak bisa diakses.

BACA JUGA:  Terima Aspirasi Aliansi Tenaga Kontrak, DPRD Sulbar Siap Perjuangkan melalui Mekanisme Resmi

Menurut Bau Akram, SIMARASA menjadi layanan penyebaran informasi pemasaran pariwisata, baik informasi terkait data sektoral, aksebilitas dan amenitas. Apalagi penggunaan layanan digital menjadi komitmen Gubernur Sulbar Suhardi Duka dan Wagub Sulbar Salim S Mengga mendorong digitalisasi di lingkup Pemprov Sulbar sebagai bagian dari akuntabilitas dan transparansi pelayanan publik.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Pariwista, Imelda Adhi Yanti mengungkapkan bahwa aplikasi ini merupakan produk Bidang Destinasi, sementara pemanfaatannya diserahkan ke Bidang Pemasaran.