Festival Kayumaloa Angkat Kearifan Lokal Pasangkayu

ekspossulbar.com, PASANGKAYU — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Pasangkayu akan menggelar festival Kayumaloa pada tanggal 8 hingga 9 September nanti.

Kepala Disbudpar Pasangkayu I Nyoman Suandi menyampaikan, festival ini diisi dengan berbagai perlombaan tradisional, yakni lomba perahu katinting (katinting race) dan lomba gerobak sapi (gerobak race).

“Kenapa disebut festival Kayumaloa, karena lomba ini akan berlangsung di pantai Koa-Koa dusun Kayumaloa, Desa Polewali, Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu” sebutnya, Rabu 5 September.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

Ia mengatakan, festival Kayumaloa, bertujuan untuk mempromosikan objek wisata yang di kabupaten paling utara Sulbar ini. Selain itu, juga untuk mengangkat kearifan lokal masyarakat Pasangkayu.

Dijelaskan, katinting dan gerobak adalah alat transportasi sekaligus sebagai alat yang dipergunakan untuk mengais rezeki bagi masyarakat Pasangkayu sejak dahulu kala. Bahkan zaman dulu orang yang telah memiliki gerobak sapi dianggap sama dengan memiliki mobil.

BACA JUGA:  Dinilai Memprihatinkan, Sudirman Sarankan Pemkab Mamasa Prioritaskan Dana Pilkada

“Jadi ini untuk mengangkat kearifan lokal dan menghidupkan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala. Dulu kalau ada acara peminangan itu memakai gerobak. Jadi dahulu kalau memiliki gerobak, kita sudah bisa bangga. Demikian juga dengan perahu katinting bagi para nelayan” sambung I Nyoman Suandi.

Festival Kayumaloa ini sendiri akan memperebutkan hadiah uang tunai dengan total Rp. 31 juta. Tidak hanya itu panitia penyelenggara juga menyediakan trophy bagi para juara lomba.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

“Hingga saat ini pendaftar untuk gerobak race sudah mencapai 35 orang, dan katinting race sudah mencapai 27 orang. Acara ini akan dibuka langsung oleh Bupati Pasangkayu, bapak Agus Ambo Djiwa” pungkasnya. (has)