Wabup Herny Ajak OPD Terapkan Sistem Kerja Partisipatif

ekspossulbar.com,PASANGKAYU– Wakil Bupati Pasangkayu Herny Agus mengajak para OPD membangun sistem kerja kolaborasi partisipatif dalam menyukseskan realisasi visi misi nya lima tahun kedepan. Diperlukan ditengah anggaran daerah yang terbatas.

Kata dia, OPD harus mampu berinovasi dan berkreasi untuk menjalankan program kerja. Minim biaya tapi dapat memberi dampak yang besar dimasyarakat.

” Jadi jangan lagi berperspektif ada anggaran atau tidak dalam menjalankan program. Kalau seperti itu realisasi visi misi tidak maksimal. Sebab kita tahu bersama anggaran terbatas. Mari bangun sistem swadaya. Menguatkan masyarakat agar mereka bisa mandiri” imbuhnya.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Herny Agus memaparkan ada sembilan sembilan program unggulan yang terkemas dalam sembilan aksi Smart di masa pemerintahannya, dimana salah satunya mesti direalisasikan dengan sistem kolaborasi partisipatif. Yakni program strong from home (penguatan fungsi rumah dan keluarga).

” Program strong from home dirumuskan untuk menjawab tantangan ketahanan keluarga di masa pandemi. Wujud programnya seperti pemanfaatan pekarangan. Nah itu tidak perlu anggaran banyak, kita cukup jadi motivator dan fasilitator, sehingga masyarakat sadar dan mau bergerak untuk menanam sayuran dan tanaman obat di pekarangan mereka, dalam rangka pemenuhan gizi keluarga” jelasnya.(nur)