Ditetapkan Taman Nasional ke 53 di Indonesia, Akmal Berharap Gunung Gandang Dewata Lebih Dikenal

Gunung Gandang Dewata terletak di Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.

MAMASA, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Pesona alam Gunung Gandang Dewata menarik perhatian wisatawan. Gunung Gandang Dewata sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat.

Gunung ini merupakan salah satu gunung tertinggi yang terletak di kawasan Pegunungan Quarlesi dan merupakan gunung tertinggi kedua di Sulawesi setelah Gunung Latimojong (3.478 mdpl).

Gunung Gandang Dewata memiliki ketinggian 3.037 mdpl dan merupakan daerah tangkapan air terluas yang berada di Provinsi Sulawesi Barat.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Rencananya, tahun ini Gunung Gandang Dewata akan ditetapkan sebagai Taman Nasional ke 53 di Indonesia.

Olehnya itu, Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik bersama Bupati Mamasa Ramlan Badawi dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia Hermanto melakukan peletakan batu pertama Landmark Taman Nasional Gandang Dewata, di Mamasa, Senin 22 Agustus 2022.

Akmal Malik berharap Pemerintah Kabupaten Mamasa terus mendorong dan bekerjasama dengan Komunitas Pencinta Alam dalam mengelola Taman Nasional tersebut.

BACA JUGA:  Perdagangan Manusia Harus Jadi Fokus Penanganan Pemerintah Baru

“Harus dikelola berbasis komunitas. seperti komunitas pecinta alam. Dan selain itu bisa membuat event secara berkala dan Pemda siap mendukung,” ungkapnya

Gunung ini, kata akmal masih banyak keanekaragaman. Diharapkan melalui sentuhan komunitas pecinta alam maka kedepan Taman Nasional Gandang Dewata lebih dikenal.

“Diharapkan ini menjadi pintu gerbang mengeksplorasi berbagai keanekaragaman yang ada di Taman Nasional Gandang Dewata,” ungkapnya. (*)