Ragam  

Wagub Uu Ajak Masyarakat Tetap Produktif saat Ramadan

KABUPATEN CIAMIS — Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengajak masyarakat tetap produktif bekerja dan berkarya di bulan Ramadan. Produktivitas seseorang mesti dijaga demi ketahanan keluarga.

“Masyarakat hayu meningkatkan ekonomi kita masing- masing, kami selaku pimpinan di Jawa Barat mendorong masyarakat untuk sejahtera,” ujar Uu Ruzhanul Ulum saat Subuh Keliling, di Pondok Pesantren Miftahul Munawaroh, Desa Penyingkiran, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Minggu (9/4/2023).

Uu menambahkan, istri tak kalah penting harus mendorong suami supaya semangat mencari nafkah. “Penyemangat suami mencari uang adalah istri. Bergeraklah untuk maju, Allah SWT tidak akan mengubah kita kalau kita tidak mengubah diri sendiri,” katanya.

BACA JUGA:  Bey Machmudin: Sekolah Vokasi Variabel Penting Tingkatkan Kemampuan SDM

Uu menjelaskan manusia pada dasarnya dibekali potensi dan bakat masing – masing. Tinggal bagaimana individu memaksimalkannya. “Orang dengan fitrahnya memiliki keistimewaan dan kelebihan, tinggal bagaimana kita menggali potensi yang ada,” ucap Sosok Panglima Santri Jabar.

Sementara untuk bantuan modal, Uu menyebut Pemda Provinsi Jabar mengembangkan skema Kredit Mesra. Masyarakat dapat meminjam uang sebagai modal usaha tanpa agunan bahkan tanpa bunga.

BACA JUGA:  Jabar Run 10K 2024 Gelorakan Gaya Hidup Sehat dan Pariwisata Kota Cirebon

Dengan begitu, keterikatan masyarakat dengan rentenir juga dapat diminimalkan. Apalagi di era digital sistem pinjaman online (pinjol) yang skemanya mirip rentenir juga cukup marak.

Uu mengatakan Pemdaprov Jabar saat ini tidak hanya fokus pada pembangunan yang bersifat lahiriah seperti infrastruktur, tetapi juga pembangunan yang bersifat batiniah. Maka visi Jabar saat ini ingin membangun mental spiritual masyarakat selain tentunya pembangunan sarana dan infrastruktur yang wajar dilakukan setiap pemerintahan.