Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak, Ini Caranya

EKSPOS SULBAR – Memiliki kulit wajah sensitif dan berminyak bukan jadi penghalang untuk tetap tampil mempesona dan percaya diri. Jika Anda memiliki tipe kulit tersebut, ada beberapa cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang bisa Anda lakukan di rumah.

Secara umum, jenis kulit wajah terbagi menjadi beberapa tipe, yaitu jenis kulit normal, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Dari semua tipe kulit tersebut, tipe kulit sensitif dan kulit berminyak biasanya lebih membutuhkan perawatan ekstra.

Kulit sensitif cenderung kering, mudah mengalami iritasi dan sering mengelupas, serta terasa perih ketika terpapar zat tertentu, seperti polusi dan bahan kimia dalam produk kosmetik atau sabun. Sementara itu, jenis kulit wajah berminyak rentan terhadap jerawat, komedo, noda hitam, dan terlihat kusam.

BACA JUGA:  Kulit Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan pada Kulit

Untuk menjaga kondisi kulit wajah tetap sehat, hal penting yang perlu Anda lakukan adalah merawatnya sesuai dengan tipe kulit. Cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dan produk perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kedua jenis kulit tersebut.

Berikut ini adalah panduan merawat kulit sensitif dan cenderung kering yang dapat Anda coba lakukan seperti dilansir dari laman alodokter.com:

BACA JUGA:  Kulit Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan pada Kulit
  1. Bersihkan wajah secara rutin

Agar tetap bersih dan sehat, kulit wajah perlu dicuci 2 kali sehari pada pagi hari dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci wajah, gunakan sabun pembersih wajah berbahan kimia lembut dan hindari menggosok wajah terlalu kuat. Setelah itu, bilas wajah dengan air hangat dan keringkan dengan handuk bersih secara perlahan.

BACA JUGA:  Kulit Dehidrasi Bisa Memicu Penuaan pada Kulit
  1. Gunakan pelembab

Kulit wajah sensitif rentan kering dan mengelupas. Oleh karena itu, oleskan pelembab di wajah secara rutin setelah mandi dan cuci muka. Namun, pemilik kulit wajah sensitif perlu lebih selektif dalam memilih pelembap.