Merawat Kulit Wajah Sensitif dan Berminyak, Ini Caranya

Untuk mengatasi berbagai masalah kulit yang dapat muncul akibat kulit berminyak, Anda dapat mencoba cara merawat kulit wajah berminyak di bawah ini:

  1. Bersihkan wajah secara rutin

Pemilik kulit wajah berminyak perlu mencuci muka 2–3 kali sehari, yaitu pagi hari setelah bangun tidur, setelah berolahraga atau ketika wajah banyak berkeringat, dan menjelang tidur malam.

Saat mencuci muka, pilihlah sabun wajah berbahan kimia lembut dan mengandung gliserin serta bebas alkohol.

  1. Gunakan toner setelah mencuci muka

Bila perlu, gunakan toner ke area wajah menggunakan kapas setelah mencuci muka untuk mengangkat minyak, kotoran, dan sisa make up yang mungkin masih menempel di wajah. Selain itu, toner juga bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH kulit wajah.

Jika ingin menggunakan toner, pilihlah produk toner yang mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, asam glikolat, atau asam beta-hidroksi. Bahan-bahan tersebut efektif untuk mengurangi produksi minyak atau sebum di wajah.

  1. Gunakan pelembab dan tabir surya

Meski memiliki kulit wajah berminyak, Anda tetap perlu menggunakan pelembab dan tabir surya, terutama jika ingin beraktivitas di luar rumah.

Hal ini penting untuk menjaga agar kulit wajah tetap terhidrasi dan mencegah efek buruk sinar matahari yang bisa menyebabkan keriput, noda hitam di wajah, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Agar lebih praktis, Anda bisa menggunakan produk pelembab yang mengandung tabir surya dengan SPF 30 atau lebih. Untuk mencegah munculnya jerawat, gunakan tabir surya dan pelembap yang mengandung zinc oxide dan titanium dioxide serta bebas alkohol dan wewangian.

  1. Pilih produk perawatan khusus untuk kulit berminyak

Pilihlah produk perawatan kulit wajah atau kosmetik yang berbahan dasar air dan tidak mengandung minyak. Saat hendak membeli produk perawatan kulit wajah atau kosmetik, perhatikan label kemasan dan carilah produk yang berlabel water-based atau oil free.