Sosialisasi Empat Pilar, Menguatkan Perekonomian Nelayan Daerah

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Dalam upaya mewujudkan visi kesejahteraan berkelanjutan bagi nelayan Sulawesi Barat, berbagai langkah progresif telah diambil untuk meningkatkan pemahaman akan empat pilar kehidupan berbangsa dan bernegara serta memperkuat perekonomian nelayan sebagai bagian tak terpisahkan dari pembangunan ekonomi nasional.

“Dalam upaya memperkuat perekonomian nelayan, penting untuk memahami kaitan yang kuat antara empat pilar kebangsaan dan kesejahteraan ekonomi. Sosialisasi empat pilar dapat memperkuat rasa kebangsaan dan kesadaran akan pentingnya kontribusi nelayan dalam membangun negara, sementara penguatan ekonomi nelayan akan memperkokoh fondasi keberlanjutan bangsa Indonesia”. tutur Ajbar dalam penjelasannya (7/3/2024).

Di sisi lain, perekonomian nelayan memainkan peran kunci dalam menjaga ketahanan pangan, menggerakkan ekonomi lokal, dan mendukung kesejahteraan masyarakat pesisir. Namun, tantangan seperti akses terbatas terhadap pasar, teknologi, dan modal telah menjadi penghalang bagi kemajuan ekonomi nelayan.

BACA JUGA:  Perdagangan Manusia Harus Jadi Fokus Penanganan Pemerintah Baru

Melalui program sosialisasi empat pilar yang terintegrasi dengan pembangunan ekonomi nelayan, para pemangku kepentingan, termasuk pemerintah, LSM, akademisi, dan masyarakat, bekerja bersama untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pertumbuhan ekonomi nelayan sambil memperkuat nilai-nilai kebangsaan.

“Pengembangan ini melibatkan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, Kementerian Kelautan dan Perikanan, lembaga penelitian, organisasi nelayan, akademisi, serta sektor swasta yang peduli terhadap pembangunan ekonomi nelayan. Menggalang partisipasi aktif dari berbagai pihak dalam mendukung pembangunan ekonomi nelayan,” ucapnya. (*)