EKSPOSSULBAR.CO.ID, MAMUJU – Sejumlah warga Perumahan Grahanusa, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, mengeluhkan buruknya pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Manakarra.
Warga menyebut suplai air sering mati tanpa pemberitahuan, bahkan dalam beberapa hari terakhir, aliran air tidak mengalir sama sekali ke rumah-rumah warga.
Keluhan ini disampaikan langsung oleh beberapa warga yang merasa dirugikan akibat tidak lancarnya distribusi air bersih. “Sudah tiga hari air mati. Kami terpaksa beli air tangki, padahal kami tetap bayar tagihan PDAM setiap bulan,” ujar salah satu warga Grahanusa.
“Seharusnya dari pihak PDAM beri pengumuman penyebab air tidak mengalir beberapa hari ini. Misal kerusakan berarti bagaimana SOP untuk menangani itu, masa sampai berhari-hari,” ketus salah satu warga Grahanusa 4.
Warga juga menilai kurangnya transparansi dan komunikasi dari pihak PDAM menambah kekecewaan mereka.
“Kalau ada perbaikan atau gangguan, seharusnya diinformasikan. Tapi ini tidak ada pemberitahuan sama sekali,” ujar warga lainnya.
Sementara itu, pihak PDAM Tirta Manakarra belum memberikan keterangan resmi terkait keluhan tersebut. Namun berdasarkan informasi sementara, gangguan distribusi air diduga ada ganguan jaringan suplai tegangan listrik dari instalasi patidi.
Warga berharap PDAM segera melakukan perbaikan dan memberikan solusi jangka panjang agar permasalahan serupa tidak terus berulang. Mereka juga meminta agar pihak pemerintah daerah ikut turun tangan dalam mengawasi pelayanan publik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat.
Dikabarkan salah satu warga mendapat informasi bahwa sebentar akan ada mobil tangki PDAM masuk ke perumahan tersebut. “Insya Allah sebentar masuk mobil tangki PDAM,” harapnya. (*)