BNPB: 2.000-2.700 Turis Dievakuasi dari Gili Trawangan

Jakarta – Proses evakuasi wisatawan terus berlangsung di Gili Trawangan pasca gempa Lombok 7 SR. Jumlahnya lebih banyak dari dugaan semula.

“Update terkini penanganan wisatawan di Gili Trawangan, Gili Air dan Gili Meno, kita dapat informasi di lapangan tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi anatara 2.000-2.700 wisatawan baik domestik dan mancanegara,” kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam jumpa pers di Graha BNPB, Jl Pramuka, Jakarta Timur, Senin (6/8/2018).

Menurut Sutopo, para wisatawan dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal di Lombok. Kemudian wisatawan diarahkan ke Mataram.

“Sebagian besar mereka ingin pulang sehingga terjadi peningkatan jumlah penumpang. Oleh karena itu penerbangan ditambah dan Bandara Internasional Lombok beroperasi 24 jam,” jelas Sutopo.

Secara terpisah, Menko Polhukam Wiranto juga menjelaskan soal kondiri evakuasi di Gili Trawangan. Ada 6 orang meninggal, tapi bukan wisatawan.

“Khusus di Gili Trawangan, daerah lokasi wisata kebanyakan orang asing. Ada 6 orang meninggal dunia, tetapi bukan orang asing,” ujar Wiranto dalam jumpa pers di Korem 162 Wira Bhakti, Mataram, NTB. (fay/aff)

 

 

 

Source: detik.com