Mamuju Sediakan Posko Saluran Bantuan Korban Gempa Palu-Donggala

ekspossulbar.com, MAMUJU – Sebagai daerah yang memiliki wilayah yang tidak begitu jauh dari lokasi bencana di Palu dan Donggala (Sulawesi tengah), kabupaten Mamuju (Sulawesi Barat) langsung bergerak cepat menyiapkan Posko khusus penyaluran bencana, langkah ini diambil menyusul terjadinya gempa dan tsunami diwilayah Sulawesi tengah dan sekitarnya pada Jumat petang kemarin.

Bupati Mamuju H.Habsi Wahid mengatakan, telah menginstruksikan kepada jajarannya untuk segera membangun posko di beberapa titik. Mengingat daerah ini adalah salah satu jalur yang paling memungkinkan dapat dilalui untuk mendistribusikan bantuan menuju lokasi bencana baik lewat jalur darat trans Sulawesi yang menghubungkan Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. Di Mamuju juga bisa lewat jalur udara melalui Bandar udara Tampa Padang.

“Itu sangat perlu kita siapkan posko. Untuk selanjutnya akan melayani pemberian informasi dan yang lebih penting untuk menampung sekaligus akan menyalurkan bantuan tersebut lewat jalur darat menuju ke Palu dan Donggala,”ujar Bupati Mamuju saat dikonfirmasi, Sabtu (29/9).

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Posko tersebut rencananya dibangun pada dua titik utama yakni pada kantor BPBD Mamuju berakamat jalan Ir. H. Djuanda dan jalur dua sekitar area bandara Tampa Padang serta satu titik posko pembantu di terminal bandara akan dijadikan tempat transit bantuan ataupun menjadi tempat istirahat bagi mereka yang melalui Mamuju untuk membawa bantuan ke Palu-Donggala.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“Kita sudah siapkan perangkatnya sekaligus akomodasi penyaluran bantuan tersebut lewat jalur darat melalui OPD terkait utamanya Dinas Sosial dan BPBD,” kata Habsi.

Tim yang diketuai Sekda Mamuju akan menyertakan unsur TNI, Polri serta otoritas bandara sebagai formatur, dan akan bertugas di posko 24 jam untuk menerima penyaluran bantuan. Selanjutnya akan menyalurkan bantuan tersebut. “Ini demi kemanusiaan, kita harus bahu-membahu membantu saudara-saudara kita di Palu, Donggala dan sekitarnya. Apapun jenis kontribusinya pada prinsipnya Mamuju siap menjadi “Jembatan” bantuan ke lokasi Bencana,” ujarnya. (hms/*)