Tes Tertulis dan Psikologi Calon Anggota Bawaslu Sulbar, Berikut 12 Nama yang Lolos

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Tim seleksi (Timsel) Calon Anggota Bawaslu Sulbar, telah mengumumkan 12 nama peserta calon anggota Bawaslu Sulbar yang lulus tes tertulis dan tes psikologi.

Di antaranya Ardi Trisandi, Arham Syah, Elmansyah, Hamrana Hakim, Hasriadi, Muhammad Subhan, Nasrul, Rahmaniah, Rusdin, Rustam, Saifuddin dan Sulfan Sulo

Mereka kini berhak melangkah ke tahap berikutnya, yakni tes kesehatan yang akan dilaksanakan di RS Bhayangkara Hoegeng Imam Santoso, pada 26-27 Juli. Lalu, tes wawancara di Grand Maleo Hotel and Convention, Mamuju, pada 28-29 Juli.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Dalam pengumuman Nomor 13/PL-TS/VII/2022/Sulbar, yang ditandatangani Ketua Timsel Calon Anggota Bawaslu Sulbar, Imelda Adhiyanty dan Sekretaris Timsel, Muhamad Yusri menjelaskan, di waktu yang bersamaan timsel juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapannya terhadap nama-nama yang telah lulus tes tertulis dan tes psikologi. Tanggapan masyarakat berakhir 29 Juli.

“Masyarakat dapat memberikan tanggapan tertulis kepada peserta yang lolos. Identitas pelapor akan dirahasiakan,” kata Imelda, Senin 25 Juli 2022

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

Sekretaris Timsel Calon Anggota Bawaslu Sulbar, Muhammad Yusri menjelaskan, 12 orang yang lolos sudah sesuai aturan dan petunjuk teknis. “Aturannya empat kali kebutuhan. Kebutuhannya tiga. Itu sudah sesuai aturan teknis,” ungkap Yusri.

Menurutnya, di setiap tahapan tes yang diikuti peserta, penguji lebih mengedepankan isu yang berkaitan dengan kepemiluan. Mulai dari teknis penyelenggaraan pemilu, penanganan pelanggaran, tata negara dan sebagainya

Ketua Bawaslu Kabupaten Mamuju, Rusdin mengatakan, setelah tes tertulis dan psikologi, tahapan selanjutnya adalah tes kesehatan dan tes wawancara.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“Mulai besok hingga tanggal 29 Juli. Yang akan lolos ada enam orang. Dibutuhkan tiga orang,” jelasnya.

Plh Sekprov Sulbar Jamil Barambangi berharap, supaya yang terpilih benar-benar merupakan orang yang terbaik.

“Kita harap mampu memberikan pengawasan terhadap penyelenggaran pemilu dan pilkada. Kalau tidak ada kontrol eksternal tentu akan ada kelemahan,” ungkapnya. (*)