Pencanangan Gernas BBI Sulbar, Perlu Kolaborasi untuk Kampanyekan Produk Lokal

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat melakukan Pencanangan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI).

Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik mengatakan melalui pencanangan itu menjadi awal bangkitnya pelaku usaha di Sulbar.

Ia menjelaskan, saat ini Indonesia menghadapi ancaman krisis dan bercermin pada 1998. UMKM lah yang membangkitkan Indonesia dari kondisi krisis ekonomi. Hal ini perlu dilakukan adalah pemenangan usaha.

“Kita meminta semua pelaku usaha melakukan konsolidasi. Benahi usahanya, benahi manajemen, benahi promosinya agar dapat bersaing di tingkat nasional,” ujar Akmal, usai Kampanye Gernas BBI di Anjungan Pantai Manakarra Mamuju, Jumat 29 Juli 2022.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Akmal berharap pihaknya pun berkomitmen membantu pelaku usaha, karenanya kedepan akan mengarahkan belanja untuk pengembangan UMKM di Sulbar.

“Yang penting adalah membaca kebutuhan pasar. Membaca dan memetakan kebutuhan masyarakat adalah kunci sukses,” ujar Akmal.

Melalui Pencanangan Gernas BBI juga dihadiri
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi)
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Kiki Yuliati.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

Akmal berharap kehadiran Dirjen Diksi menjadi penyemangat, khususnya pelaku usaha di Sulbar membangkitkan kampanye bangga buatan Indonesia.

“Ini wadah meningkatkan kecintaan terhadap buatan Indonesian. Diharapkan masyarakat semakin mencintai produk lokal, khususnya buatan UMKM kita sendiri,” ungkapnya.

Dirjen Diksi Kiki Yuliati mengapresiasi atas terselenggaranya Gernas BBI di Sulbar.

Dijelaskan pula, Menristekdikti sebagai manager Gernas BBI di Sulbar dengan harapan pendidikan vokasi berhubungan dengan dunia usaha dan dunia industri.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

Dia pun berharap melalui kampanye Gernas BBI menjadi wadah menanamkan kecintaan produk buatan Indonesia pada anak-anak.

“Cinta produk buatan Indonesia ditanamkan kepada anak anak sejak diusia dini. Dengan melibatkan satuan pendidikan dapat mendorong anak anak banggga buatan Indonesia.

Apabila anak-anak kita mencintai buatan Indonesia mereka akan mengajak orang tua mereka mencintai buatan Indonesia,” ungkapnya. (*)