Mamuju  

Kawal Festival Sandeq, TNI AL Turunkan Tiga Armada

Peserta sandeq saat mengikuti etape IV pada lomba Festival Sandeq 2022. (Foto: Muhammad Ridwan Alimuddin)

Mamuju , EKSPOSSULBAR.CO.ID — Tiga Armada dan personil TNI AL akan mengawal dan mengamankan Passandeq Sulawesi Barat menuju Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Danlanal Mamuju, Letkol Marinir A Temmy Irwan mengatakan, pada Festival Sandeq 2022, tiga armada TNI AL akan mengawal dan mengamankan para Passandeq.

Adapun Armada yang akan dirunkan yakni KRI Sultan Nuku, KAL Suluh Pari dan KAL Manakarra.

“Khusus KRI Sultan Nuku nantinya yang akan mengawal dan mengantarkan para Passandeq dari Mamuju menuju Balikpapan,” kata Temmy.

Letkol Marinir A Temmy menjelaskan, Armada KAL Suluh Pari dari Lantamal VI Makassar, akan mengamankan para Passandeq Mulai dari Pantai Tanjung Silopo sampai Dermaga Palipi.Sementara Armada KAL Manakarra, mengamankan mulai dari Perairan Majene, Mamuju hingga ke Pulau Ambo.

Sementara Pejabat Gubernur Sulbar Akmal malik menyampaikan rasa berterima kasih kepada TNI AL, khususnya Komandan KRI Sultan Nuku bersama Danlanal Mamuju. Karena, sudah bersedia untuk mengawal para pelaut ulung yang mengawal perahu sandeq.

“Kami berterima kasih kepada Komandan KRI Sultan Nuku dan KAL Manakarra yang akan mengawal Passandeq kita menuju IKN,” ujar Akmal Malik (*)