Forum Warga Untuk Peningkatan Partisipasi Pemilih

Pasangkayu,EKSPOSSULBAR.CO.ID– KPU Pasangkayu menggelar kegiatan forum warga berbasis keluarga. Berlangsung dari tanggal 8 November hingga 16 November.

Menyasara enam desa. Yakni Desa Lilimori Kecamatan Bulutaba, Desa Parabu Kecamatan Lariang, Desa Buluparigi Kecamatan Baras, Desa Sarudu Kecamatan Sarudu, Desa Benggaulu Kecamatan Dapurang dan Desa Taranggi Kecamatan Duripoku.

Komisioner KPU Pasangkayu Heriansyah, menjelaskan, forum warga berbasis keluarga bertujuan, meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyukseskan setiap tahapan pemilu. Sehingga terwujud pemilu berkualitas di Pasangkayu.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Partisipasi yang diharapkan, yakni dalam bentuk keikut sertaan mengawasi jalannya tahapan pemilu, nemantau hasil pemilu, proaktif mengecek data diri mereka sebagai calon pemilih, bahkan ikut berpartisipasi sebagai penyelenggara pemilu.

Partisipasi masyarakat dalam setiap pemilihan umum, ujar dia, memiliki peran sangat penting. Akan memberi legitimasi yang kuat dan menjadi gambaran dukungan masyarakat di setiap tahapan pemilihan.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

” Kami memberikan materi tentang kepemiluan, baik mengenai tahapan, teknis pelaksanaan, hingga apa yang bisa dilakukan sebagai bentuk partisipasi dalam menyukseskan pemilu. Hadir juga pihak Bawaslu Pasangkayu, yang memberikan materia tentang pengawasan pemilu” sebut Heri.

Dalam forum itu juga, ujar Heri, diselipkan materi mengenai pengenalan terhadap aplikasi sistem informasi anggota KPU dan badan ad hoc (SIAKBA). Aplikasi yang akan digunakan oleh KPU dalam proses pendaftaran badan penyelenggara ad hoc, serta untuk menjaring sejumlah pandangan atau pendapat warga mengenai peningkatan kualitas pemilih di Pasangkayu.(*)