DLH Siapkan Skenario Penanganan Sampah di Landscape Pasangkayu

Pasangkayu,EKSPOSSULBAR.CO.ID– Landscape pantai Pasangkayu, kini mulai difungsikan. Beberapa lapak pedagang kaki lima nampak mulai berdiri disana. Pengelolaan sampah di landscape, menjadi perhatian serius Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pasangkayu.

Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah, B3 (PSLB3) dan Peningkatan Kapasitas, DLH Pasangkayu, Aswan Azis, berharap, para pedagang ikut memperhatikan kebersihan landscape. Tidak membuang sampah sembarangan.

Koordinator Presidium MD KAHMI Pasangkayu itu, menyebut, jika produksi sampah perhari disana cukup besar, maka pihaknya akan menyiapkan beberapa langkah penanganan.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Diantaranya, skema penanganan daur ulang sampah. Jika sampah basah, akan dikomposting, sedang sampah plastik akan didaur ulang menjadi barang baru yang bernilai ekonomis.

” Kami akan membuat kelompok-kelompok kecil, yang beranggotakan para pedagang. Mereka akan kami libatkan dalam upaya daur ulang sampah. Sehingga juga nanti akan memberi manfaat kepada mereka” sebut Aswan, Selasa 10 Januari.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Pelibatan pedagang dalam pengelolaan sampah dilakukan, agar timbul rasa tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan landscape. Di satu sisi para pedagang akan turut mendapat manfaat dari hasil pengolahan sampah tersebut.(*)