Konsumsi Buah Ini Bantu Turunkan Berat Badan

dok. alodokter.

EKSPOS SULBRA – Mengonsumsi buah untuk menurunkan berat badan bisa menjadi salah satu cara menjaga pola makan saat melakukan program diet. Selain karena kadar kalorinya rendah, mengonsumsi buah-buahan juga dapat mencegah rasa lapar sering muncul. Dengan begitu, porsi makan pun dapat berkurang.

Salah satu alasan buah bisa membantu menurunkan berat badan adalah karena kandungan seratnya. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi, termasuk buah, bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kadar kalori pada kebanyakan buah pun terbilang rendah.

Ada banyak buah untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda konsumsi. Buah-buahan ini mudah ditemukan di pasar dan tergolong murah.

Meskipun tidak bebas kalori, kebanyakan buah memiliki kalori yang rendah. Mengonsumsi buah selama melakukan diet akan lebih membantu Anda dalam menurunkan berat badan daripada mengonsumsi makanan lain yang jumlah kalorinya lebih tinggi, atau bahkan tidak diketahui sama sekali.

Berikut adalah beberapa contoh buah untuk menurunkan berat badan yang bisa Anda konsumsi dilansir dari laman alodokter.com:

  1. Apel

Buah untuk menurunkan berat badan yang pertama adalah apel. Selain tinggi serat dan rendah kalori, apel juga mengandung senyawa pektin yang mampu mengoptimalkan proses pencernaan, sehingga Anda dapat merasa kenyang lebih lama.

Guna memaksimalkan manfaatnya, Anda dianjurkan untuk makan buah apel beserta kulitnya. Hal ini agar Anda tidak melewatkan kandungan serat di kulit apel yang juga terbilang tinggi.

  1. Jeruk

Jeruk juga merupakan buah yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan. Buah ini kaya akan vitamin C dan serat, tetapi memiliki kalori yang rendah. Mengonsumsi buah jeruk segar membantu Anda agar tidak cepat merasa lapar, sehingga berat badan pun terjaga.