Flu dan Batuk Tidak Kunjung Sembuh? Ketahui Penyebab dan Cara Mengobatinya

Ilustrasi batuk. (Dok Alodokter)

EKSPOS SULBAR – Flu dan batuk yang tidak kunjung sembuh bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari alergi, stres, kurang istirahat, merokok, hingga paparan polusi.

Agar flu dan batuk bisa segera sembuh, penting untuk mengetahui cara pengobatannya yang sesuai dengan penyebabnya.

Flu dan batuk biasanya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar seminggu. Namun, keluhan ini bisa bertahan hingga 2 minggu atau lebih. Susah tidur, sakit kepala, dan nyeri otot sering kali muncul akibat flu dan batuk tak kunjung sembuh. Sebagian penderita juga bisa mengalami sakit tenggorokan, demam ringan, dan tidak enak badan.

Flu dan batuk yang terus-menerus tidak hanya mengganggu aktivitas, tetapi mungkin juga bisa menimbulkan keresahan. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang ingin mengetahui penyebab dan cara yang ampuh untuk mengobatinya.

Berbagai Penyebab Flu dan Batuk Tak Kunjung Sembuh

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab flu dan batuk tak kunjung sembuh. Dengan mengenali penyebabnya, Anda bisa mengevaluasi mengapa flu dan batuk yang Anda alami tidak sembuh-sembuh dan mengobatinya dengan cara yang sesuai.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang menyebabkan flu dan batuk tak kunjung sembuh:

  • Kurang tidur dan istirahat
  • Kurang konsumsi air yang cukup setiap harinya
  • Stres yang berkepanjangan
  • Keliru dalam memilih obat flu dan batuk
  • Sering merokok atau terkena asap rokok
  • Sering terpapar alergen, seperti polusi udara

Selain itu, flu dan batuk yang tak kunjung sembuh juga bisa terjadi karena lendir yang turun ke tenggorokan (postnasal drip) akibat sinusitis, penyakit asam lambung, COVID-19, atau penyakit paru-paru, seperti asma, pneumonia, atau penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Cara Mengobati Flu dan Batuk Tak Kunjung Sembuh

Flu dan batuk yang tak kunjung sembuh bisa diatasi dengan beragam perawatan di rumah dan konsumsi obat-obatan yang tepat. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Minum banyak cairan hangat

Saat mengalami flu dan batuk, pastikan Anda mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan dengan minum air setidaknya 8 gelas per hari, terutama air hangat. Minum cairan hangat bisa membantu melegakan hidung yang tersumbat, mengencerkan dahak, dan meredakan sakit tenggorokan.