Pastikan Anggaran Pilkada Pasangkayu, Pemkab-Penyelenggara Rapat Bersama

ekspossulbar.com, PASANGKAYU— Pemkab Pasangkayu masih menggodok anggaran untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2020 mendatang. Selasa 3 September, Pemkab dan penyelenggara Pemilu kembali menggelar rapat bersama.

Rapat yang dipimpin oleh Sekkab Firman itu, menghadirkan, komisioner KPU Pasangkayu, komisioner Bawaslu Pasangkayu,serta perwakilan Polri dan TNI.

Sekkab Firman menyampaikan rapat itu untuk memastikan jumlah anggaran yang bakal dipakai untuk membiayai setiap tahapan pelaksanaan Pilkada baik yang mulai berjalan pada tahun 2019 maupun pada tahun 2020 mendatang.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“ Olehnya kami butuh masukan dari KPU maupun Bawaslu tentang tahapan-tahapan pilkada yang akan berjalan pada 2019 dan 2020 mendatang. Untuk 2019 tahapan apa yang paling urgen, supaya kami bisa memperkirakan biayanya. Kita semua mesti punya persepsi yang sama, makanya rapat-rapat seperti ini akan intens kita lakukan kedepan” ungkap Firman.

Sambung dia, mengenai jumlah total anggaran yang dialokasikan untuk Pilkada serentak 2020 dipastikan bakan melangalami kenaikan sekira 20 persen dari anggaran Pilkada sebelumnya. Itu berdasarkan estimasi dan standar biaya yang ditetapkan oleh Pemkab Pasangkayu.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“ Nah dalam perjalanannya nanti jika ada kebutuhan yang mendesak dari penyelenggara tentu bisa didiskusikan ulang. Jadi kami tidak kaku. Karena ada sistem diskresi dan parsial” jelasnya.

Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad menyampaikan bahwa tahapan pilkada sudah akan dimulai pada September 2019. Tahapan yang urgen yakni soal penetapan syarat calon perseorangan.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“ Kami akan mencermati mana tahapan yang urgen untuk diawasi pada 2019 ini. Untuk tahun 2020 kami mengikuti tahapan yang ada di KPU tentunya dalam konteks pengawasannya” tambah Ketua Bawaslu Pasangkayu Ardi Trisandi. (has)