Kembangkan Sektor Perkebunan, Pemkab Toli-Toli Berguru ke Pasangkayu

PASANGKAYU,ekspossulbar.co.id– Bupati Toli- Toli Amran Hi. Yahya bersama rombongan menyambangi Pasangkayu, Rabu 2 Maret. Disambut langsung oleh Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa yang juga didampingi oleh sejumlah kepala OPD nya.

Bupati Amran menyampaikan kedatanganya di kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) ini dalam rangka pengembangan sektor perkebunan di kabupaten yang dipimpinya.

Ia menyebut Pemkab Pasangkayu cukup berhasil dalam memajukan sektor perkebunannya. Terlebih didukung oleh sejumlah perusahaan besar. Pemkab Toli-Toli ingin berguru terkait strategi pengelolaan sektor perkebunan Pasangkayu.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

” Dalam rangka menyukseskan visi misi kami yang mana salah satunya memajukan sektor perkebunan, kami ingin belajar dari Pasangkayu. Disana kami juga memiliki dua perusahaan swasta perkebunan sawit, dengan luas lahan perkebunan 8.000 hektar, sementara lahan sawit masyarakat sekira 1.500 hektar” ungkap bupati.

Bupati Yaumil yang menyambut hangat kedatangan rombongan Pemkab Toli-Toli mengapresiasai niatan Bupati Amran. Kata dia, Pemkab Pasangkayu siap dan senantiasa terbuka membagi informasi demi kemajuan kedua daerah.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

” Produk unggulan kami berasal dari sektor perkebunan, seperti sawit, kakao, kelapa dalam dan sebagainya. Kemudian ada pula berasal dari tambak seperti udang vaname dan ikan bandeng. Disini kami ada beberapa perusahaan sawit kemudian ada pula perusahaan pabrik pengelolaan buah sawit” papar Bupati Yaumil.

Dikesempatan itu ia juga menyampaikan visi pemerintahannya, yakni mewujudkan Pasangkayu yang lebih Sejahtera, Maju, dan Bermartabat (Smart), berlandaskan keberagaman. Ia menyebut, salah satu kekuatan Pasangkayu terletak pada keberagaman suku dan budayanya, yang sampai saat ini mampu hidup berdampingan secara damai.(*/)