Perhatikan Nelayan, Bupati Pasangkayu Beri Bantuan Kapal

Pasangkayu, EKSPOSSULBAR.CO.ID– Bupati Pasangkayu Yaumil Ambo Djiwa menyerahkan bantuan kapal tangkap ikan kepada sejumlah kelompok nelayan di Pasangkayu.

Acara penyerahan simbolis berlangsung di anjungan Pantai Maleo Pasangkayu, Selasa 27 September. Hadir pula dalam kesempatan itu Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Pasangkayu, Kartini.

Ada empat unit kapal bantuan yang diberikan kepada empat kelompok nelayan. Kelompok penerima itu, yakni kelompok Barakuda dari Kecamatan Bambaira, Sinar Laut Batuoge dari Kecamatan Pedongga, Komppi Matra dari Kecamatan Bambalamotu, dan Cinta Samudera dari Kecamatan Tikke Raya.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Bantuan diberikan sebagai bentuk perhatian bupati kepada para nelayan. Bupati berharap bantuan yang diberikan dapat meningkatkan hasil tagkapan nelayan. Terlebih, kapal itu telah dilengkapi sejumlah peralatan canggih yang dapat membantu nelayan menemukan spot-spot ikan.

” Pergunakanlah bantuan ini semaksimal mungkin. Kalau cara operasionalnya masih kurang dipahami, silahkan berkonsultasi dengan penyuluhnya. Saya juga mengajak para kelompok nelayan tetap bersatu dan tidak terpecah belah” imbuh bupati.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Kepala DKP Pasangkayu, Kartini, menjelaskan, kapasitas kapal yang diberikan yakni lima gross ton (GT) kebawah, terbuat dari bahan fiber, serta dilengkap global positioning system (GPS) yang dapat mendeteksi spot ikan. Bantuan itu bersumber dari anggaran APBN.

Selain unit kapal, juga diberi bantuan pelengkap, seperti baju pelampung, jaring ikan, tali dan beberap alat pelengkap lainnya.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

” Bantuan ini berkat kepedulian dan perhatian bapak bupati kita. Setelah sekian tahun proposal dimasukan oleh teman-teman nelayan, hari ini akhirnya bisa terealisasi. Para kelompok nelayan nanti juga berhak mendapatkan BBM subsidi” terang Kartini.(*)