Berikut Rekomendasi Menu Sehat saat Berbuka Puasa

EKSPOS SULBAR – Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3/2023 ).

Setiap muslim diharuskan berpuasa sebulan lamanya. Puasa mewajibkan seseorang yang menjalaninya untuk menahan haus dan lapar.

Untuk sehat dan kuat, asupan nutrisi harian tetap dipenuhi, usahakan untuk mengonsumsi menu buka puasa sehat dan bergizi seimbang.

Taukah anda, puasa memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama jika Anda menerapkan pola makan yang baik saat puasa.

Saat berpuasa, anda disarankan untuk berbuka secukupnya dengan menu sehat. Jika makan berlebihan justru berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Berikut beberapa rekomendasi menu buka puasa sehat untuk anda:

  1. Kurma

Buah kurma memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Kurma adalah buah yang cukup populer ketika memasuki bulan puasa.

Selain memiliki rasa manis, kurma juga mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat sederhana yang berfungsi dalam mengembalikan sumber energi setelah berpuasa.

Kurma juga mengandung beberapa sumber zat gizi lainnya, seperti: 7 gram serat, 2 gram protein, 20% kebutuhan kalium harian, 14% kebutuhan magnesium harian, 18% kebutuhan tembaga, 15% kebutuhan mangan, 5% kebutuhan zat besi harian, dan 12% kebutuhan vitamin B6 harian.

Tak hanya itu, kandungan serat dalam kurma juga dapat membuat Anda lebih cepat kenyang sehingga bisa mencegah keinginan untuk makan berlebih.