Dinas Ketapang Dorong Tiga Produk Lokal Sulbar dapat Sertifikasi

Dinas Ketapang Sulbar saat melakukan rapat komisi teknis Sertifikasi prima 3 di Rumah Makan Nina's, Mamuju, Selasa, 28 Maret 2023. (Dok. Humas Pemprov Sulbar)

EKSPOS SULBAR – UPTD Balai Sertifikasi dan Pengawasan Pangan Segar Asal Tumbuhan Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Sulbar mendorong tiga produk lokal Sulbar untuk mendapatkan sertifikasi meliputi kelengkeng, pepaya dan loka pere.

Diharapkan, Dari ketiga produk lokal tersebut mampu menjadi daya saing di IKN.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Ketapang Sulbar, Abdul Waris Bestari melalui Rapat Komisi Teknis Sertifikasi Prima 3, Selasa, 28 Maret 2023.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“Kita mengharapkan komoditas yang sudah disertifikasi bisa bersaing masuk di pasar retail modern. Inilah menjadi pekerjaan utama kita karena produk lokal Sulbar belum ada masuk di retail modern,”kata Abdul Waris Bestari, Kepala Dinas Ketapang Sulbar

Abdul Waris menuturkan, pemerintah kabupaten harus dapat menjadi fasilitator antara pasar retail modern dan pelaku usaha UMKM. Tujuannya menjadikan produk pangan lokal Sulbar bisa menjadi daya saing.

BACA JUGA:  Empat Pilar Kebangsaan, Membangun Generasi Emas Indonesia

“Selama ini pelaku usaha UMKM kita hanya bermain di pasar tradisional, padahal secara administrasi kita sudah terpenuhi,” ujaranya