BRI Sediakan Uang Tunai Rp 62 T untuk Kebutuhan Lebaran

Kantor BRI Mamuju

JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menyiapkan uang tunai sebesar Rp 62 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Osbal Saragi Rumahorbo, mengatakan uang tunai yang disiapkan tersebut meningkat tajam hampir 169 persen dari posisi tahun lalu sebesar Rp 23 triliun. Hal itu dikarenakan tahun ini libur Lebaran lebih panjang sampai 12 hari kerja.

“Juga bertepatan dengan awal bulan akan ada pembayaran gaji PNS/TNI/Polri rutin juga THR dan gaji ke-13 kami hitung kurang lebih Rp 15,3 triliun. Puncak pembayaran mulai 4 Juni sampai 8 Juni 2018,” terang Osbal kepada wartawan di Kantor Pusat BRI, Jakarta, Kamis (31/5) malam.

BACA JUGA:  BNPT - FKPT Sulbar Gelar Smart Bangsaku Bersatu Indonesiaku

Dari Rp 62 triliun tersebut, Osbal memperkirakan sebanyak 80 persen yang diserap oleh masyarakat. Osbal menambahkan, BRI siap memberikan layanan selama libur Lebaran mulai 9 – 21 Juni 2018. BRI akan hadir selama tanggal liburan tersebut memberikan layanan di 463 unit kerja. Sebanyak 229 unit kerja akan terus melakukan layanan selama libur kecuali hari H Lebaran pada 15-16 Juni 2018.

Selain unit kerja yang tersedia, selama Lebaran BRI juga menyediakan layanan 32 posko di sepanjang posko mudik sepanjang jalur mudik. Posko-posko tersebut hanya memberikan layanan terbatas kepada para pemudik. Khusus nasabah BRI bisa melakukan transfer melalui EDC di posko, juga layanan top up kartu uang elektronik Brizzi. Posko juga menyediakan jenis layanan periksa kesehatan seperti tensi darah.

BACA JUGA:  Arsal Aras: Jalin Komunikasi dengan Pemda dan Koni

Di samping itu, BRI memiliki 220 ribu agen Brilink, dimana sebanyak 120 ribu agen ditugaskan untuk melayani top up Brizzi. Kemudian di 8.000 ATM BRI juga bisa melakukan top up. Selain itu, di merchant-merchant seperti Alfamart, Indomart, Alfamidi, dan lain-lain totalnya ada 26 ribu merchant. “Transaksi Brizzi seluruh Jakarta kami perkirakan naik 30 persen,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

Jumlah kartu Brizzi yang beredar sampai saat ini sudah hampir 8-9 juta kartu dengan maksimal saldo Rp 1 juta. Osbal memperkirakan maksimal sekitar Rp 9 triliun yang ada dari transaksi Brizzi. “Kami mendorong penggunaan Brizzi semakin disukai masyarakat,” imbuhnya.

Selain itu, BRI juga memberikan penghargaan kepada masyarakat dan nasabah setia. Bulan Ramadhan ini BRI membagikan 64 ribu paket sembako gratis bagi masyarakat pra sejahtera. BRI juga menggelar buka bersama dengan 3.500 anak yatim bekerja sama dengan Perhimpunan Bank Milik Negara (Himbara).

Source: Republika