Pasangkayu Masih Butuh Ratusan Tenaga Guru

Pasangkayu,EKSPOSULBAR.CO.ID– Peningkatan kualitas pendidikan menjadi salah satu fokus pembangunan di Pasangkayu. Pemkab terus melakukan pembenahan infratruktur pendukung, hingga penambahan tenaga guru dan tenaga pendidikan.

Kendati begitu, dengan cakupan wilayah yang cukup luas disertai jumlah peserta didik yang cukup banyak, menyebabkan sampai saat ini Pasangkayu masih kekurangan ratusan tenaga guru dan tenaga pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pasangkayu, Abidin, menyampaikan, untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) pihaknya masih membutuhkan sekira 134 tenaga guru dan 186 tenaga pendidikan. Untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) masih membutuhkan sekira 483 tenaga guru dan 213 tenaga pendidikan.

BACA JUGA:  Lonjakan Penumpang di Pelabuhan Mamuju Jelang Idul Adha Tembus 448 Orang

” Yang dimaksud tenaga pendidikan adalah, tenaga adminsitrasi serta tenaga pembantu lainnya disekolah, diluar dari guru” jelas Abidin, Senin 1 Agutus.

Sambung dia, kebutuhan ratusan tenaga guru dan tenaga pendidikan itu untuk mengisi sebanyak 135 SMP dan 135 SD di Pasangkayu. Kebanyakan yang dibutuhkan yakni tenaga guru olahraga. Saat ini sebutnya, Pasangkayu baru memiliki sebanyak 1.176 orang tenga gurus SD dan 555 orang tenaga guru SMP.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Penambahan tenaga guru dan tenaga pendidikan tahun sebelumnya dari total tenaga guru dan tenaga pendidikan yang ada sekarang dilakukan melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Jumlah yang dinyatakan lulus sebanyak 201 orang.

” Penamabahan tenaga guru dan tenaga pendidikan kedepan akan dilakukan secara bertahap melalui jalur PPPK. Karena melalui CPNS mungkin sudah tidak ada lagi” pungkas Abidin.(*/)