Berikut Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

EKSPOS SULBAR – Banyak orang ingin menurunkan berat badan agar tubuhnya terlihat lebih sehat dan menarik. Dari beragam metode yang ada, cara tradisional menurunkan berat badan kerap menjadi salah satu pilihan. Cara ini dianggap murah, mudah, dan aman untuk menurunkan berat badan dan memperoleh berat badan ideal.

Ada beragam faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, di antaranya faktor genetik, stres, jarang berolahraga, serta pola makan yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan tinggi kalori yang banyak mengandung gula dan lemak.

Selain beberapa faktor di atas, obesitas juga bisa disebabkan oleh suatu kondisi yang diderita, seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan sindrom Cushing.

Cara Tradisional Menurunkan Berat Badan

Berat badan ideal bisa ditentukan melalui pemeriksaan indeks massa tubuh (IMT). Jika berat badan Anda termasuk dalam kategori kelebihan berat badan atau justru sudah obesitas, terdapat berbagai macam penyakit yang siap mengintai Anda.

Berbagai penyakit yang berisiko terjadi jika Anda memiliki berat badan berlebih meliputi penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2, sindrom metabolik, dan osteoarthritis.

Oleh karena itu, penting untuk selalu menjaga berat badan agar tetap ideal. Akan tetapi, menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah. Ada sebagian orang yang berhasil melakukannya, tetapi tak sedikit pula yang gagal.

Beragam cara dipercaya mampu menurunkan berat badan, mulai dari cara modern dengan mengonsumsi obat-obatan atau operasi hingga cara tradisional. Jika Anda ingin mencoba cara tradisional untuk menurunkan berat badan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi beras pecah kulit

Salah satu cara tradisional menurunkan berat badan adalah dengan mengonsumsi beras pecah kulit, seperti beras coklat, beras merah, atau campuran kedua jenis beras tersebut (multi grain rice). Beras jenis ini kaya akan serat dan karbohidrat kompleks yang dapat meningkatkan metabolisme dan membakar lemak di tubuh.