Hati-hati, Jenis Makan Ini Bisa Sebabkan Kista Ovarium

  1. Karbohidrat sederhana

Karbohidrat sederhana sangat mudah diserap oleh tubuh dan bisa meningkatkan kadar gula dalam darah, sehingga tubuh menghasilkan lebih banyak hormon insulin untuk mengatur gula darah.

Jika konsumsi karbohidrat sederhana terlalu banyak dan sering, hormon insulin banyak diproduksi dan lambat laun fungsinya menurun, padahal insulin juga berperan dalam mengontrol kerja ovarium untuk menghasilkan hormon reproduksi.

Perubahan kadar hormon reproduksi inilah yang akhirnya menimbulkan kista ovarium. Oleh karena itu, batasi konsumsi karbohidrat sederhana, seperti nasi putih, roti tawar putih, permen, dan kue kering.

  1. Makanan manis

Makanan penyebab kista ovarium lainnya adalah makanan yang terlalu manis atau mengandung banyak pemanis, seperti permen, cokelat, dan manisan buah.

Semua pemanis tersebut termasuk dalam karbohidrat sederhana. Jadi, banyak konsumsi makanan manis juga bisa menyebabkan kista ovarium. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi makanan berpemanis terlalu banyak, ya.

  1. Makanan berlemak

Orang yang terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dapat mengalami kenaikan berat badan, bahkan obesitas. Faktanya, obesitas berhubungan dengan munculnya kista ovarium.

Untuk mencegah kista ovarium, mulailah membatasi asupan berlemak, misalnya kulit ayam, jeroan, keripik kentang, mentega, dan keju.