Hati-hati, Jenis Makan Ini Bisa Sebabkan Kista Ovarium

  1. Makanan yang digoreng

Batasi pula konsumsi makanan yang digoreng. Makanan yang diproses dengan cara ini mengandung lemak tinggi, sehingga asupannya perlu dibatasi guna mencegah berbagai penyakit, termasuk kista ovarium. Beberapa contoh makanan yang digoreng, misalnya gorengan dan kentang goreng.

  1. Makanan cepat saji

Jenis makanan lain yang juga tergolong makanan penyebab kista ovarium adalah makanan cepat saji. Ini karena makanan cepat saji mengandung gula dan lemak tinggi yang bisa pula mengganggu fungsi ovarium dan meningkatkan risiko terjadinya kista ovarium.

Sebenarnya, tidak ada jenis makanan yang lansung menyebabkan kista ovarium. Namun, banyak atau sering konsumsi jenis makanan tertentu memang bisa berakibat buruk pada kesehatan secara umum, bahkan meningkatkan risiko munculnya kista ovarium.

Selain menghindari konsumsi makanan penyebab kista ovarium, Anda juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara rutin agar kadar hormon tetap stabil dan fungsi ovarium tetap baik.

Kista pada ovarium umumnya jarang menimbulkan keluhan, kecuali jika ukurannya besar dan menekan jaringan di sekitarnya. Penderitanya bisa mengeluh nyeri di perut bawah dan panggul serta mengalami gangguan menstruasi.

Apabila keluhan tersebut sering dialami, segera periksakan diri ke dokter. Tujuannya adalah agar penyebab dari keluhan tersebut diketahui dan diobati dengan tepat. (ad/*)