Harganas 2022, Andi Ruskati Ali Baal Terima Penghargaan Satyalencana Wira Karya dari Presiden

Presiden Jokowi menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya pada 12 orang penerima, Kamis (07/07/2022), di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara..

MAMUJU, EKSPOSSULBAR.CO.ID – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan tanda kehormatan Satyalencana Wira Karya kepada 12 orang penerima. Penyerahan tanda kehormatan tersebut dilakukan pada puncak Peringatan ke-29 Hari Keluarga Nasional (Harganas) Tahun 2022, Kamis (7/7/2022), di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara.

Penganugerahan ini berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 42/TK Tahun 2022 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya yang ditetapkan Presiden Jokowi di Jakarta pada tanggal 9 Juni 2022.

“Menganugerahkan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya kepada mereka yang nama dan jabatannya tersebut dalam lampiran keputusan ini sebagai penghargaan atas jasa-jasanya dalam memberikan darmabaktinya kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat dijadikan teladan bagi orang lain,” demikian bunyi petikan Keputusan Presiden tersebut.

BACA JUGA:  BNPT - FKPT Sulbar Gelar Smart Bangsaku Bersatu Indonesiaku

Andi Ruskati Ali Baal menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya (SWK) Bidang Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) pada acara puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke-29.

Ruskati dalam kapasitasnya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulbar Periode 2017-2022 dan Anggota Komisi IX DPR-RI Periode 2019-2024.

Berikut adalah nama 12 penerima penghargaan tersebut:

  1. Umar Ahmad, Bupati Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung;
  2.  Parosil Mabsus, Bupati Lampung Barat, Provinsi Lampung;
  3. Dendi Ramadhona Kaligis, Bupati Pesawaran, Provinsi Lampung;
  4. Ruksamin, Bupati Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara;
  5. Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Bupati Dharmasraya, Provinsi Sumatra Barat;
  6. Sopril Nurmansyah Prana Putra Sohe, Wali Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatra Selatan;
  7. Andi Ruskati, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Barat;
  8. Yunita Siregar, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara;
  9. Andi Nirwana Sebbu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara;
  10. Isnaniah, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Provinsi Kalimantan Selatan;
  11. Muhammad Nur, Ketua Tim PKBRS RSUD Madiun, Provinsi Jawa Timur; dan
  12. Kris Septiana, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah.
BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Dalam Peringatan ke-29 Harganas Tahun 2022 dengan tema “Ayo Cegah Stunting Agar Keluarga Bebas Stunting” ini, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) melaporkan keberhasilan Indonesia meraih penghargaan United Nation Population Award 2022 dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada bulan Juni lalu. Penghargaan tersebut diperoleh Indonesia karena keberhasilan program-program keluarga berencana yang telah dilaksanakan selama ini.

BACA JUGA:  Arsal Aras: Jalin Komunikasi dengan Pemda dan Koni

“Keberhasilan program-program keluarga berencana selama ini maka United Nation Population Award di tahun 2022 dapat diraih untuk nomor satu adalah Indonesia, memenangkan dari 193 negara,” kata Hasto.

Hadir mendampingi Presiden pada acara ini antara lain Ibu Iriana Jokowi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Wali Kota Medan Bobby Nasution, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo. (*)