Pemkab Pasangkayu Harap Desa Maksimalkan Pemberdayaan

ekspossulbar.com,PASANGKAYU— Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Pasangkayu menggelar rapat koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan desa tahun 2018 dan persiapan penyusunan RKPDesa tahun 2020, Rabu 20 Maret.

Kegiatan yang berlangsung di ruang pola kantor bupati Pasangkayu ini, dihadiri langsung oleh Bupati Pasangkayu Agus Ambo Djiwa, Wakil Bupati Muhammad Saal, Sekkab Pasangkayu Firman, para asisten, serta seluruh jajaran pemerintah desa se Pasangkayu.

Kepala DPMPD Pasangkayu Arfan Lasibe menyampaikan kegiatan ini penting dilaksanakan pada awal tahun selain bertujuan mengevaluasi pelaksanaan program desa tahun 2018 dan mematangkan perencanaan program desa tahun 2020 juga sekaligus melihat kesiapan desa dalam pelaksanaan program tahun 2019 ini.

BACA JUGA:  Penataan Pasar Desa sebagai Upaya Mengokohkan Pilar Kebangsaan

“ Dengan demikian diharapkan program pembangunan di desa bisa terencana dan berjalan dengan baik. Untuk tahun 2019 ini dana desa tahap pertama itu sudah berjalan” sebutnya

Sambung dia, untuk tahun 2019 dan perencanaan program tahun 2020 Pemkab Pasangkayu menginginkan program pembangunan di desa tidak fokus pada pembangunan fisik saja, tapi juga fokus pada sektor pemberdayaan.

BACA JUGA:  Askary Nakhodai Perbakin Mamuju Tengah Periode 2023-2027

Program pemberdayaan dimaksud seperti pengembangan UMKM, BUMDes, dan destinasi wisata. Ini dimaksudkan untuk memaksimalkan potensi lokal desa, dalam rangka penguatan pondasi ekonomi desa.

“ Sesuai arahan bapak bupati, kedepan diharapakan preoritas penggunaan anggaran desa itu pada sektor pemberdayaan. Bapak bupati juga menginginkan desa memaksimalkan lahan-lahan aset desa untuk kepentingan pengembangan ekonomi” ujarnya.(has)